Transportasi

Diposting pada

Setelah pemanenan telah dilakukan, sebaiknya buah sawit langsung dibawa ke tempat tujuan. Kalau pun tidak di bawah ke tempat tujuan, sebaiknya letakkan buah sawit di tempat yang sesuai dengan kondisi buah sawit tersebut. Apakah wajib kita melakukan pengangkutan langsung buah sawit langsung ke tempat tujuan?

Jika dibilang wajib atau tidak, sebenarnya buah sawit wajib diangkut ke tempat tujuan secepatnya. Mengapa hal itu harus dilakukan? Tujuan dari mengangkut buah sawit yang telah dipanen langsung ke tempat tujuan adalah supaya kualitas minyak yang dihasilkan tidak menurun.

Advertisements

Di dalam minyak mengandung asam lemak. Kandungan asam lemak tersebut tidak boleh lebih dari 3%. Apabila lebih dari 3% maka minyak yang dihasilkan bukanlah minyak yang berkualitas. Untuk mendapatkan hasil minyak yang mengandung asam lemak yang kurang dari 3% maka pengangkutan ke tempat tujuan harus langsung sesaat setelah panen dilakukan.

Namun, buah sawit yang akan diangkut harus memenuhi standar matang panen. Jangan memanen buah sawit yang tidak sesuai dengan standar matang panen. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar menghasilkan minyak yang sepenuhnya berkualitas.

Kadang kala sesampainya di tempat tujuan banyak truk lainnya yang juga akan meletakan buah sawitnya di tempat tersebut. Hal itu sering kali terjadi antrian panjang. Walaupun antrian tersebut panjang usahakan jangan sampai buah sawit tersebut tidak terangkut ke tempat tujuan pada hari itu juga.

Advertisements

Usahakan buah sawit harus diangkur ke tempat tujaun tepat pada hati itu juga walaupun antrian sangat panjang tetapi tetap harus ditempatkan ke tempat tujuan. Tujuannya agar kualitas buah kelapa sawit tidak menurun.

PEMELIHARAAN JALAN

Ingatlah, jalan yang digunakan untuk pengangkutan juga turut menjadi perhatian. Ketika jalan yang digunakan untuk pengangkutan rusak maka hal itu otomatis dapat mengganggu proses pengangkutan. Jika menggangg proses pengangkutan maka hal itu tentunya dapat membuat kualitas buah sawit menjadi menurun.

Banyak sekali ditemukan kondisi jalan yang digunakan untuk pengangkutan sangat tidak terawat. Kondisi ini bukan hanya ditemukan pada satu kebun kelapa sawit saja tetapi ada begitu banyak kebun kelapa sawit yang jalannya tidak terawat.

Supaya jalan dapat terpelihara dengan baik, sebaiknya pemeliharaan dilakukan secara rutin. Pemeliharaan dilakukan dengan cara menjaga jalan agar tetap terjaga. Tidak hanya jalan saja yang perlu dipelihara tetapi daerah sekitar jalan juga perlu dipelihara seperti sistem drainase.

Sebaiknya sistem drainase tidak ada rerumputan. Jika terdapat rerumputan segera dibersihkan. Tujuan mencegah agar sistem drainse ditumbuhi rumput adalah supaya sistem drainase tidak terganggu. Jika sistem drainase terganggu maka akan berimbas pada jalan yang digunakan untuk transportasi.

Sistem drainase gunanya untuk mengalirkan air yang berlebihan. Jika sistem drainasenya yang rusak maka air yang berlebihan tersebut tidak dapat mengalir dan menyebabkan menggenang dijalan dan akan mengganggu pengangkutan.

Advertisements

Tinggalkan Balasan