Tips Berbelanja Di Hari Belanja Online Nasional (HARBOLNAS)

Diposting pada

HARBOLNAS atau Hari Belanja Online Nasional adalah sebuah hari peryaan yang bertujuan untuk mendorong dan mengedukasi masyarakat tentang mudahnya berbelanja secara online yang aman dan nyaman.

Sejarah HARBOLNAS di Indonesia

HARBOLNAS  pertama kali diadakan tahun 12 Desember 2012 silam oleh beberapa toko online, yaitu Bukalapak, Lazada, Zalora, Blanja, Berrybenka dan PinkEmma. Sukses, ditahun berikutnya beberapa toko online juga ikut mengadakan Hari Belanja Nasional itu. Pada HARBOLNAS, toko-toko online memeberikan diskon tinggi pada produk-produknya.

Advertisements

Dari tahun 2012 hingga 2016, semakin banyak toko online yang ikut berpartisipasi dalam HARBOLNAS tersebut, hal ini dibuktikan dengan data yang di publikasikan oleh situs resmi HARBOLNAS.

Data Peserta HARBOLNAS

Kapan HARBOLNAS diadakan?

Jika di luar negeri kita mengenal Black Friday dan Cyber Monday yang biasanya diadakan dibulan November, di Indonesia hari yang dalam bahasa Inggris disebut National Online Shopping Day ini diadakan pada tanggal 12 Desember.

Biasanya, para netizen menyebutnya dengan tagar #1212 dibeberapa media sosial, sebut saja Twitter.

Dalam mengikuti HARBOLNAS, ada tips-tips penting yang harus Anda lakukan. Jika tidak, biasanya akan membuat Anda gagal untuk mendapatkan barang-barang yang diidam-idamkan.

Berikut adalah tips berbelanja di Hari Belanja Online Nasional.

Tips Berbelanja di HARBOLNAS

  • Buat Wishlist

Pertama siapkan wishlist atau daftar barang-barang yang akan anda beli. Catatlah barang-barang yang akan anda beli sebanyak mungkin, dengan catatan barang tersebut akan menjadi barang primer anda.

Dalam daftar belanja, berikan tanda pada barang yang harus diprioritaskan.

  • Siapkan Anggaran

Kemudian yang harus anda lakukan adalah menyiapkan anggaran. Ibarat akan membuat sebuah masakan, kita harus menyiapkan bahan masakannya dulu, tidak mungkin tidak.

Siapkan anggaran belanja yang tidak membuat anda menyesal nantinya, secukupnya saja atau kantong anda bakal jebol nanti.

Advertisements
  • Online Pada Dini Hari / Tepat Waktu

Online pada dini hari terbukti ampuh untuk mendapatkan barang yang kita idam-idamkan. Biasanya beberapa toko online akan memulai HARBOLNAS-nya mulai pada tanggal 12 Desember dini hari.

Barang yang dijual biasanya terbatas, jadi siapa cepat dia dapaat.

  • Segera Bayar

Setelah mencari barang yang diperlukan, segera bayar barang yang anda beli pada hari itu juga. Secepatnya, karena jika tidak biasanya potongan harga yang anda dapatkan akan kadaluarsa.

Bisa juga karena stok barang sudah habis. Jadi, sesegera mungkin anda untuk membayar barang yang dipesan, jangan hanya menaruhnya di shopping cart.

  • Ketahui Harga Normal Barang

Jangan mudah tergiur dengan diskon-diskon yang diberikan, pembeli juga dituntut untuk memperhatikan harga normal barang. Karena, beberapa kasus tahun-tahun kemarin ada toko online “nakal” yang memberikan diskon palsu.

Kasusnya, mereka memberikan harga tidak normal (biasanya meninggikan harga asli) dan memberikan diskon besar pada produk tersebut. Alhasil, harga ditambah diskon yang ditawarkan tersebut merupakan harga asli.

  • Mencari Informasi Sebanyak-Banyaknya

Kebanyakan, setelah melihat potongan harga yang ditawarkan para calon pembeli tergesa-gesa. Padahal, terdapat syarat dan ketentuan yang diterapkan sebuah toko online. Maka sebaiknya anda membaca syarat itu terlebih dahulu.

Untuk anda yang ingin membeli sebuah smartphone, sebaiknya anda juga mengetahui tips-tips memilih smartphone.

  • Menggunakan Voucher Tambahan

Voucher tambahan ini berguna untuk menambah lagi kemurahan produk yang akan anda beli. Salah satu situs yang menyediakan voucher Flipit. Disana terdapat penawaran voucher agar produk yang anda beli akan lebih murah lagi.

Tips Berbelanja di HARBOLNAS

Kesimpulan

HARBOLNAS merupakan alternatif bagi Anda yang mempunyai bujet terbatas. Diskon tinggi yang ditawarkan membuat para calon pembeli kegirangan. Namun perlu diperhatikan, ketika anda membeli sebuah barang, anda harus mengetahui tips-tips dalam berbelanja di Hari Belanja Nasional.

Advertisements
Gambar Gravatar
Android User (Xiaomi Redmi 4A) . Blogger . Love semua tentang teknologi. Terutama gadget.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *