Resep Sayur Lodeh Terong Jawa tengah

Diposting pada

Apakah Anda mengenal terong? Terung atau terong merupakan tumbuhan penghasil buah yang dijadikan sebgai sayur-sayuran . Terong atau terung sudah sangat terkenal di Indonesia karena terong sudah sangat memasyakarat. Mengapa dikatakan demikian? Sebab, di Indonesia sendiiri, terong kerap kali digunakan di dalam masakan sehari-hari masyarakat Indonesia.

Mudahnya budidaya terung yang dilakukan di Indonesia membuat banyak petani yang mulai beralih menjadi petani terung. Banyaknya petani yang membudidayakan terung juga sejalan dengan permintaan terung di pasaran yang semakin lama semakin melonjak.

Advertisements

Terung dikenal sebagai sayuran yang dimanfaatkan di dalam pembuatan olahan masakan. Apa pun olahan masakan yang berbahan dasarkan terong jika cara pemasakannya benar maka rasanya pun akan lezat. Dibuat menjadi masakan apa pun, rasa khas yang dimiliki oleh terong tidak akan berubah.

Banyaknya orang yang menyukai terong tidak hanya karena faktor rasanya yang lezat saja, tetapi juga karena kandungan gizi yang terdapat di dalam terong tersebut sangat tinggi. Apa sajakah kandungan gizi yang terdapat di dalam terong? Kandungan gizi yang terdapat di dalam terong diantaranya air, protein, lemak, karbohidrat, kalori, serat kasar, kalsium, zat besi, fosfor karotin, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, vitamin P, asam nikotinat, dan masih banyak lagi kandungan gizi yang terdapat di dalam terong.

Apakah terong juga memiliki manfaatnya bagi tubuh kita? Karena terong memiliki kandungan gizi yang tinggi, itu artinya terong juga memiliki manfaat bagi tubuh kita. Manfaat yang ada pada terong diantaranya mengatasi hipertensi, mengatasi hepatitis, mencegah dan mengobati kanker, melancarkan peredaran darah, dan masih banyak lagi manfaat yang ada di dalam terong yang tentunya baik bagi kesehatan tubuh kita.

Advertisements

Bagaimana apakah Anda tertarik untuk mengkonsumsi terong? Jika Anda tertarik, Anda bisa membuat hidangan terong di rumah Anda sendiri. Salah satu hidangan terong yang dapat Anda masak adalah sayur lodeh terong. Penasaran bagimana cara pembuatan sayur lodeh terong, simaklah penjelasan di bawah ini tentang cara pembuatan syaur lodeh terong.

SAYUR LODEH TERONG KHAS JAWWA TENGAH

Resep yang akan kita buat kali ini adalah sayur lodeh terong khas jawa tengah.

  • BAHAN-BAHAN:
  1. Terong 2 buah dipotong sesuai selera.
  2. Jagung manis 1 buah dipotong sesuai selera.
  3. Daun melinjo secukupnya.
  4. Wortel 1 buah dipotong sesuai selera.
  5. Labu siam 1 buah dipotong sesuai selera.
  6. Kacang panjang secukupnya dipotong sesuai selera.
  7. Tempe secukupnya.
  8. Santan 100 ml.
  • BUMBU HALUS:
    1. Bawang putih 4 siung.
    2. Bawang merah 6 siung.
    3. Cabai rawit 11 buah.
    4. Cabai merah keriting 5 buh.
    5. Daun salam 2 lembar.
    6. Terasi 1 senok teh.
    7. Laos setengah ruas.
    8. Gula pasir, penyedap rasa, dan garam secukupnya.
  • CARA PEMBUATAN:
    1. Cuci bersih semua sayur-sayuran lalu sisihkan.
    2. Didihkan air.
    3. Masukkan sayuran yang sudah dicuci bersih ke dalamnya.
    4. Tunggu hingga sayuran matang.
    5. Setelah matang, masukkan santan.
    6. Aduk-aduk perlahan.
    7. Tambahkan gula, terasi, dan garam.
    8. Setelah itu, tunggu hingga mendidih.
    9. Apabila sudah mendidih, sajikan di atas piring saji.
    10. Sayur lodeh terong khas Jawa Tengah siap untuk disajikan.

Itulah cara pembuatan sayur lodeh khas Jawa Tengah.

Advertisements

Tinggalkan Balasan