Perawatan Siap kontes dan masalah utama

Diposting pada

PERAWATAN SIAP KONTES

Sebagai burung yang diikutsertakan ke dalam kontes, pastinya burung cucakrawa perlu dilakukan perawatan siap kontes. Tujuan melakukan perawatan siap kontes adalah supaya performa dari burung cucakrawa lebih bagus lagi.

Advertisements

Jika kita dari awal sudah ingin mengikutsertakan burung cucakrawa milik kita ke dalam kontes, sebaiknya perawatan atau pelatihan dapat dilakukan jauh-jauh hari sebelum diikutsertakan ke dalam kotes.

Membuat cucakrawa jawara memang tidak gampang. Diperlukan penempaan baik itu secara fisik maupun secara mental jauh-jauh hari sebelum diikutsertakan ke dalam kontes. Pada umumnya, kicau mania melakukan penempaan fisik dan mental pada saat umur cuakrawa memasuki usia 2 tahun atau 3 tahun.

Sebagai pemilik burung cucakrawa, kita dituntut untuk dapat menempa fisik dan mental burung cucakrawa dengan baik. Jika melakukan penempaan mental dan fisik dilakukan dengan baik maka tidak memerlukan waktu yang lama untuk langsung mengikutsertakan burung cucakrawa kita ke dalam suatu kontes.

MASALAH UTAMA

Setiap burung pasti memiliki masalah utama yang sangat sulit untuk dipecahkan. Walaupun suatu masalah yang ada pada burung sangat sulit untuk dipecahkan namun bukan berarti tidak bisa dipecahkan.

Sama seperti burung pada umumnya. Burung cucakrawa pun juga memiliki masalah utama yang sulit untuk dipecahkan. Masalah yang sering terdapat pada burung cucakrawa adalah kematian yang mendadak. Kematian yang mendadak ini dikarenakan ada sesuatu yang membuat burung cucakrawa tersebut sangat ketakutan sehingga mengakibatkan kematian.

Advertisements

Kematian mendadak ini dapat menyerang segala umur. Baik itu burung yang masih anakan maupun burung yang sudah dewasa. Baik itu burung yang belum terlatih sama sekali maupun burung yang sudah terlatih.

Karena burung cucakrawa sangat mudah mengalami kematian mendadak, sebaiknya kita lebih berhati-hati dalam memelihara burung cucakrawa ini. Memelihara burung cucakrawa memang tidaklah mudah. Ditambah lagi dengan sifat cucakrawa yang kondisinya mudah sekali menurun membuat kematian mendadak sering menyerang cucakrawa.

Cucakrawa memang terkenal dengan sifatnya yang kondisinya mudah drop. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pecinta cucakrawa untuk lebih baik lagi dalam memelihara burung cucakrawa ini.

Tidak hanya itu saja masalah yang akan kita hadapi apabila kita ingin memelihara burung cucakrawa adalah sulitnya mencari bakalan burung cucakrawa di pasaran. Karena sulitnya mencari bakalan burung cucakrawa di pasaran, kebanyakan para kicau mania mencari burung cucarawa di hutan-hutan yang sering ditemui burung cucakrawa ini.

Namun, tidak semua daerah mudah untuk mendapatkan burung cucakrawa. Hanya beberapa daerah saja yang dapat ditemui burung cucakrawa. Karena sulitnya mendapatkan burung cucakrawa di pasaran membuat harga burung cucakrawa di pasaran melambung tinggi.

Hal in menjadi kendala yang sangat besar di kalangan para pecinta burung berkicau. Namun, untuk mereka yang tidak ada masalah mengenai harga akan tetap memberi burung cucakrawa walaupun harganya mahal.

Advertisements

Tinggalkan Balasan