Perawatan harian

Diposting pada

Sebagai burung ocehan, burung anis kembang perlu dilakukan perawatan harian. Terlebih lagi jika anis kembang diikutsertakan ke dalam suatu kontes. Perawatan harian memang perlu dilakukan agar burung anis kembang dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Di dalam melakukan perawatan anis kembang, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Apa-apa saja hal yang perlu dilakukan di dalam perawatan anis kembang? Hal yang perlu dilakukan di dalam perawatan anis kembang diantaranya adalah sebagai berikut.

Advertisements
  • Memandikan anis kembang

Burung anis kembang perlu dimandikan. Setiap burung waktu pemandiannya berbeda-beda. Begitu pula dengan anis kembang. Burung anis kembang dapat dimandikan pada pagi dan malam hari saja. Memandikan burung anis kembang dapat dilakukan satu kali dalam sehari.

Perlu diingat, memandikan anis kembang harus dilakukan pada saat burung tidak berkicau. Jika dilakukan pada saat burung sedang berkicau takutnya nanti burung tidak mau berkicau kembali. Cara memandikan burung anis kembang adalah dengan menyemprotkan burung anis kembang dengan menggunakan penyemprot yang halus.

Hindari penggunaan selang air ketika memandikan anis kembang. Apabila anis kembang sedang mengalami ganti bulu maka pemandiannya dapat dilakukan setiap dua kali dalam sehari. Tujuan dari memandikan burung yang sedang ganti bulu sebagai dua kali dalam sehari adalah supaya bulu burung tersebut cepat tumbuh.

Selain itu, juga dapat membuat kondisi anis kembang cepat kembali seperti semula.

Advertisements
  • Memberikan pakan

Sebagai burung yang diikutsertakan ke dalam kontes, burung anis kembang dituntut tidak memiliki badan yang gemuk. Untuk mencegah agar badan burung anis kembang tidak gemuk, pemberian pakan sebaiknya tidak terlalu banyak. Pemberian pakan yang terlalu banyak memang dapat membuat badan burung menjadi gemuk.

Pakan yang dapat diberikan pada burung anis kembang adalah kroto segar, jangkrik dan beberapa jenis pakan lainnya. Pemberian pakan tidak boleh kurang dan tidak boleh berlebih. Kroto segar dapat diberikan satu setengah sendok teh selama 4 kali dalam seminggu. Sedangkan jangkrik diberikan 3 ekor setiap hari.

Anis kembang juga dapat diberikan buah. Buah sangat bagus untuk burung anis kembang. Sebab buah dapat mencegah kegemukan pada burung. Buah yang dapat diberikan seperti buah apel atau sejenisnya. Pada awalnya burung memang tidak mau memakan buah. Namun, jika sudah dibiasakan maka burung akan terbiasa memakan buah.

  • Menjemur anis kembang

Penjemuran dapat dilakukan pada saat burung selesai dimandikan. Namun bisa juga menjemur burung tanpa harus dimandikan terlebih dahulu. Penjemuran yang baik dilakukan pada pagi hari. Penjemuran dapat dilakukan paling sedikit 4 jam. Anis kembang termasuk burung yang suka berjemur jika di alam bebas.

Jadi tidak ada masalahnya jika menjemur anis kembang lebih lama dari waktu yang telah ditentukan. Akan tetapi, untuk burung yang sedang mengalami ganti bulu atau mabung, sebaiknya waktu penjemuran lebih dikurangi lagi yaitu selama 60 menit saja.

Advertisements

Tinggalkan Balasan