13 Penyebab dan Solusi Mengatasi Baterai Smartphone Android Boros

Diposting pada

Mengatasi Baterai Android Boros

Saat menggunakan sebuah smartphone android, kebanyakan dari mereka mengeluh tentang baterai smartphone android boros atau cepat habis. Kasus ini sering ditemukan pada smartphone yang sudah lama dipakai maupun smartphone baru.

Advertisements

Hal inilah yang menjadikan mereka harus membawa power bank kemana-mana sebagai salah satu solusinya. Sebagian orang tidak mau repot-repot dengan hal itu, begitu juga dengan anda?

Dibawah ini saya akan menguraikan penyebab dan juga solusi mengatasi baterai smartphone android yang boros atau cepat habis.

Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai Smartphone Android Boros

  1. Tidak Memperbarui Aplikasi

Setiap hari para pengguna sebuah aplikasi mengirimkan bug report kepada pengembang. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki aplikasi tersebut menjadi lebih baik lagi dan tidak membuat smartphone bekerja terlalu berat.

Jika anda tidak memperbarui aplikasi, maka secara otomatis smartphone android anda akan bekerja lebih dan berujung pada penggunaan baterai yang boros. Perarui aplikasi pada smartphone android anda dengan cara masuk ke Google Play Store, kemudian ketuk pada My Apps atau Aplikasi Saya.

  1. Matikan Jaringan Simcard Ketika Menggunakan Wi-Fi

Smartphone android kebanyakan digunakan untuk mengakses internet baik itu bertujuan untuk mencari informasi, bekerja, dan berkomunikasi.

Ketika anda berada di sebuah tempat yang memiliki koneksi Wi-Fi yang mendukung, matika jaringan internet pada smartphone android anda. Hal ini bisa membuat smartphone android anda lebih hemat dalam mengkonsumsi baterai.

  1. Matikan Aplikasi Berjalan Dibackground

Ini adalah penyebab yang sering kali saya temukan. Ketika selesai menggunakan smartphone android, mereka tidak langsung menutup aplikasi yang telah selesai digunakan, malahan yang dilakukan hanya me-minimize aplikasi tersebut.

Dengan me-minimize, aplikasi akan terus berjalan dilatar belakang dan pada smartphone yang tidak berspesifikasi mumpuni akan mendapati ­nge-lag atau lemot.­

  1. Atur Tampilan Layar

Pernah tidak menjumpai penggunaan layar yang terlalu terang pada smartphone android teman anda, atau malah anda sendi. Hal ini jelas salah. Selain berdampak pada baterai, hal ini juga berdampak pada kesehatan mata anda.

Gunakan atau atur kecerahan layar yang sesuai dengan kebutuhan, baik itu di indoor maupun outdoor.

  1. Kebanyakan Widget di Layar Depan

Hal ini jarang diketahui oleh banyak orang. Widget dilayar hampir sama dengan aplikasi berjalan dilatar belakang yang membuat baterai boros. Contohnya widget cuaca yang akan terhubung terus dengan jaringan internet.

Buanglah widget yang dirasa tidak diperlukan atau tidak penting dengan cara tap widget terkait 2 sampai 3 detik, kemudian masukkan pada gambar tong sampah.

Advertisements
  1. Aktifkan Mode Penerbangan

Hal ini sering saya lakukan ketika ketika jaringan pada smartphone android saya tidak stabil. Aktifkan selama beberapa detik kemudian matikan agar smartphone android anda tidak memaksa handset untuk mencari sinyal.

  1. Matikan Sinkronisasi Otomatis

Fungsi sinkroniasi (sync) pada smartphone android adalah untuk meyinkronisasi secara otomatis dengan server Google maupun server lainnya. Jika sync terus menyala, maka smartphone akan terus melakukan sinkronisasi data.

Sinkronisasi sering dijumpai pada aplikasi Google, Facebook, BBM dan lainnya salah satunya untuk mendapatkan lokasi penggunanya. Matikan pengaturan sync otomatis pada Pengaturan → Akun dan Sinkronisasi (Account and Sync).

  1. Matikan GPS

Ketika anda sedang berada dirumah, maupun didalam ruangan sebaiknya matikan fitur GPS jika memang tidak memerlukan bantuan navigasi arah.

Hal ini sebaiknya anda lakukan karena smartphone akan terus melacak lokasi anda ketika mengaktifkan fitur GPS.

Anda bisa mengaktifkannya kembali jika anda sudah bangkit dari dalam ruangan dan memerlukan panduan navigasi seperti Google Maps, dan sebagainya.

  1. Gunakan Aplikasi Manajemen Baterai

Agar baterai smartphone android anda tidak boros atau cepat habis, gunakan aplikasi manajemen baterai. Aplikasi tersebut akan membantu anda dalam memonitor penggunaan baterai pada smartphone.

Biasanya, aplikasi ini sudah ada secara default di beberapa smartphone andoid. Namun jika tidak ada, anda bisa mengunduhnya di Google Play Store. Beberapa aplikasi manajemen baterai adalah DU Battery Saver, Avast Battery Saver, Easy Battery Saver, dan sebagainya.

  1. Smartphone Bekerja Terus

Adakalanya anda harus mengistirahatkan smartphone android anda. Seperiti orang, smartphone juga bisa lelah bahkan sakit jika dipaksa terus.

Apalagi terkadang ada seorang pengguna yang masih saja memainkan smartphone-nya ketika dicharge. Hal ini akan berdampak buruk pada baterai smartphone android anda.

  1. Hindari Live Wallpaper

Live wallpaper atau wallpaper hidup memang akan menambah kecantikan pada smartphone anda. Namun hal ini justru malah akan membuat baterai android anda boros. Sebaiknya, gunakan saja wallpaper-wallpaper biasa.

Wallpaper biasa yang tak hidup juga tidak kalah kok, dari live wallpaper.

  1. Mematikan Data Internet

Jadilah pengguna smartphone yang cerdas. Anda bisa mematikan data internet anda ketika memang benar-benar tidak terdapat kepentingan.

Selain berdampak pada baterai android anda yang menjadi hemat, anda juga akan menghemat pemakaian kuota internet pada smartphone anda.

  1. Gunakan Mode Power Saver

Terakhir, gunakan mode power saver pada smartphone android anda. Mode ini akan membantu anda dalam penghematan baterai salah satunya dengan menghilangkan beberapa fitur kecil dalam smartphone.

Fungsi utama dari mode ini adalah memperpanjang waktu standby dan mengurangi konsumsi baterai. Mode ini telah banyak dihadirkan di banyak smartphone seperti Asus, Samsung, dan lainnya.

Advertisements
Gambar Gravatar
Android User (Xiaomi Redmi 4A) . Blogger . Love semua tentang teknologi. Terutama gadget.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *