Penyakit

Diposting pada

Penyakit adalah hal yang paling tidak disukai oleh pembudidaya tanaman. Bagaimana tidak, penyakit dapat menyebabkan tanaman menjadi sakit dan daya produktisinya pun berkurang. Jika penyakit yang menyerang tanaman sudah parah, tanaman dapat mati dan juga penyakit tersebut menyerang tanaman yang lainnya.

Patogen penyebab penyakit

Advertisements

Penyakit yang menyerang tanaman bukanlah tanpa sebab. Pasti ada sebab mengapa bisa timbul penyakit yang menyerang suatu tanaman. Dan salah satu penyebab tersebut adalah patogen penyebab penyakit. Tanpa adanya patogen, tanaman tidak akan terserang penyakit.

Patogen yang menyerang tanaman terbagi lagi atas tiga jenis, yaitu virus, cendawan, dan bakteri. Ketiga jenis patogen tersebut ternyata terbagi lagi atas beberapa jenis yang berlainan. Contohnya seperti cendawan yang terdiri atas dua jenis yaitu, Phythopthora dan Fusarium. Biasanya jenis cendawan tersebut menyerang tanaman pisang, stroberi, dan melon.

Selain cendawan, bakteri juga terbagi atas beberapa jenis lagi. Ada dua jenis bakteri yang menyerang tanaman, diantaranya adalah Antraknosa dan Pseudomonas. Bakteri tersebut biasanya menyerang tanaman seperti semangka, stroberi, pisang, melon, dan pepaya.

Virus juga terbagi atas beberapa jenis, dan salah satunya adalah virus CVPD atau kepanjangan dari Citrus Vein Phloem Degeneration. Virus ini ditemukan pada beberapa puluh tahun yang lalu. Saat itu, perkebunan jeruk menjadi hancur berantakan karena diserang oleh virus baru.

Advertisements

Setelah diselidiki, ternyata virus tersebut bernama CVPD. Virus CVPD sangat membahayakan bagi tanaman, terutama tanaman jeruk. Tanaman jeruk sangat tidak tahan terhadap virus tersebut. Jika sudah terserang, tanaman jeruk akan mati dan virus ini juga dapat menyebar ketanaman lainnya dengan cepat sehingga dapat menyebabkan kematian massal terhadap tanaman jeruk.

Pengendalian penyakit pada tanaman buah

Sebelum tanaman terlanjur terserang penyakit, usahakan cegah agar penyakit tidak menyerang tanaman buah. Namun, jika terlanjur menyerang tanaman buah, hal yang mesti dilakukan adalah pengendalian penyakit pada tanaman buah. Sebenarnya, pemilik tanaman harus mengetahui jenis penyakit yang sering menyerang pada tanaman buah.

Apabila pemilik tanaman tidak mengetahui jenis-jenis penyakit yang sering menyerang tanaman buah, maka pemilik tanaman akan sulit untuk mendeteksi ada atau tidaknya penyakit yang menyerang tanaman buah. Begitu pula sebaliknya, pemilik tanaman yang mengetahui jenis-jenis penyakit yang sering menyerang tanaman buah, maka pemilik tanaman akan langsung mendeteksi dan segera melakukan pengendalian terhadap penyakit tersebut.

Untuk mencegah penyakit datang pada tanaman buah ada cara tersendiri. Dan caranya adalah sebagai berikut.

  • Tanaman yang sudah terlanjur terserang harus dimusnahkan sesegera mungkin agar tidak menyerang tanaman yang lainnya.
  • Bibit yang ditanam harus sehat.
  • Hal yang menjadi vektor bagi datangnya penyakit harus dimusnahkan. Contohnya seperti serangga.
  • Lingkungan sekitar tanaman harus dibersihkan setiap harinya supaya tetap terjaga.
  • Pemberian pupuk dan penyiraman harus dilakukan secara rutin.
Advertisements

Tinggalkan Balasan