PENANGANAN PENYAKIT

Diposting pada

Ayam petarung yang kita pelihara saat ini dapat saja terkena serangan penyakit. Ingat lah, penyakit dapat datang kapan saja tanpa melihat kondisi ayam saat itu saja. Misalnya saja pada saat satu hari sebelum bertanding ayam tiba-tiba terserang penyakit.

Akibatnya keesokan harinya ayam tersebut tidak dapat bertarung melawan ayam lainnya. Penyakit dapat disebabkan oleh berrbagai macam hal. Penyakit yang berisiko dapat menyerang ayam sebaiknya dapat dicegah sedini mungkin.

Advertisements

Pencegahan ini sangat penting dilakukan. Ingatlah, pencegahan lebih baik daripada mengobati. Mungkin kata-kata itu dapat kita jadikan pedoman dalam mencegah penyakit menyerang ayam petarung kita.

Pada umumnya, ayam yang sudah terkena penyakit sangat sulit untuk disembuhkan. Apalagi penyakit yang sudah parah sangatlah sulit untuk disembuhkan.

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa penyakit dapat disebabkan oleh beberapa hal. Lantas, apa sajakah penyebab dari penyakit yang sering menyerang ayam? Beberapa penyebab dari penyakit yang sering menyerang ayam petarung adalah sebagai berikut.

  • Penyakit dapat disebabkan oleh kekurangan zat gizi pakan.
  • Juga dapat disebabkan oleh protozoa, parasit, bakteri, jamur, serta virus.

Itulah beberapa  penyebab penyakit yang sering menyerang ayam.

Ada begitu banyak jenis penyakit yang dapat menyerang ayam petarung kita. Adapun beberapa jenis penyakit yang dapat menyerang ayam petarung adalah sebagai berikut.

Advertisements
  • Penyakit Kurap

Penyakit kurap merupakan salah satu jenis penyakit yang sering menyerang ayam petarung. Kurap hanya menyerang bagian-bagian tertentu ayam saja. Contohnya seperti jengger. Jengger merupakan bagian tubuh yang paling sering terkena penyakit kurap.

Untuk mengobati penyakit kurap caranya adalah dengan menggunakan air rebusan daun sirih. Air rebusan daun sirih tersebut dapat dimandikan langsung pada ayam. Selesai dimandikan ayam harus langsung dikeringkan.

Tidak cukup sampai disitu saja, bagian yang terdapat kurap bisa diolesi denganmenggunakan obat khusus kurap. Apabila sudah diberikan obat kurap, jangan mandikan ayam lagi hingga kurap benar-benar hilang.

  • Penyakit mata

Penyakit mata ini sering kali terjadi pada ayam. Ciri-ciri ayam yang terkena penyakit mata adalah seringnya terdapat kotoran pada bagian matanya setiap pagi hari. Penyakit mata pada ayam biasanya disebabkan cacing yang masuk ke dalam mata.

Penyakit mata pada ayam dapat diobati. Cara mengobatinya adalah dengan menggunakan air perasan tembakau. Perasan tembakau dapat diteteskan tepat pada mata ayam tersebut.

Dengan meneteskan air perasan tembakau nantinya cacing akan keluar dari mata lalu akan mati dengan sendirinya.

Namun, ada juga ayam yang terkan penyakit mata tetapi penyebabnya bukan cacing. Untuk mengobati penyakit mata yang bukan karena cacing caranya aalah dengan menggunakan air perasan daun katuk.

Air perasan daun katuk dapat diteteskan pada mata ayam tersebut. Berikan air perasan daun katuk setiap ayam mau tidur. Pemberian dapat diberhentikan apabila sudha terdapat tanda-tanda penyakit mata sudah sembuh.

Advertisements

Tinggalkan Balasan