Panen

Diposting pada

Panen merupakan hal yang paling dinanti-nanti oleh petani apapun, termasuk petani jagung manis. Pasalnya, pada saat panen itulah petani jagung manis akan mendapatkan hasil dari budidayanya selama ini. Namun, walaupun sudah termasuk masa pemanenan, usahakan jangan sampai ceroboh dalam memanen jagung manis tersebut.

Ingatlah, ketika ingin menjual jagung manis di pasaran, mutu adalah hal yang paling diperhatikan. Apabila kita memanen jagung manis dengan ceroboh, maka nantinya mutu jagung manis tersebut akan menurun dan pastinya harga dari jagung manis tersebut akan menurun dan otomatis keuntungan yang akan kita dapatkan sangat sedikit.

Advertisements

Ketika memanen jagung manis, waktu pemanenan harus diperhatikan. Waktu pemanenan yang tidak diperhatikan akan mengurangi mutu dari jagung manis itu sendiri. Pada umumnya, tanaman jagung manis dapat dipanen pada usia 65-80 hari setelah tanam. Atau bisa juga 3 minggu setelah proses pembungaan berlangsung.

Penentuan waktu pemanenan juga tergantung pada varietas yang kita gunakan dan juga ketinggian tempat. Untuk daerah dataran tinggi, usia panen jagung manis biasanya lebih lama dari waktu panen yang ditentukan, yaitu 103 hari setelah tanam. Hal ini dikarenakan faktor cuaca di daerah dataran tinggi yang lebih dingin.

Pemanenan sebaiknya dilakukan tepat waktu. Maksudnya disini adalah, pemanenan dilakukan tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua. Apabila panen dilakukan terlalu muda, biji jagung masih lunak dan tidak dapat dimakan. Sedangkan apabila panen dilakukan terlalu tua, biji jagung sudah mengeras dan tidak juga dapat dimakan. Pamenan yang terbaik adalah tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda.

Advertisements

Untuk memanen jagung manis dapat dilakukan pada pagi hari atau sore hari. Atau juga bisa dilakukan pada malam hari. Pamenan paa saat itu, sinar matahari tidak terlalu terik sehingga mutu jagung manis tetap terjaga. Jagung manis yang sudah dipanen tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung karena akan menyebabkan kerusakan pada bagian luar jagung tersebut.

Setelah mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memanen jagung manis, selanjutnya kita dapat memanen jagung manis tersebut. Memanen jagung manis harus dilakukan ddengan teknik tertentu agar mutunya tetap terjaga. Cara melakukan pemanenan yang benar adalah sebagai berikut.

  1. Petiklah jagung manis yang sudah cukup usia.
  2. Memetik jagung manis bisa dilakukan dapat dilakukan bersamaan dengan kelobotnya.
  3. Klobot tersebut tetap tertutup dan jangan pernah membukanya.
  4. Letakkan di tempat yang terbuka dan tidak terlalu rapat.
  5. Setelah semuanya sudah dipanen, selanjutnya jagung manis dapat diletakkan di tempat yang sejuk dan terbuka.
  6. Tangkai tongkol jangan dibuang apabila pengemasan tidak langsung dilakukan.
  7. Dan usahakan jangan terlalu lama melakukan pengemasan karena akan menyebabkan kebusukan pada jagung manis itu sendiri.

Itulah cara melakukan pemanenan pada tanaman jagung manis.

Lakukanlah pemanenan yang baik untuk menghasilkan jagung manis yang bermutu.

Advertisements

Tinggalkan Balasan