Pakan dan minum tersedia

Diposting pada

Memelihara atau menangkarkan burung berkicau bukan menjadi hal yang biasa lagi sebab sudah banyak orang yang melakukan hal ini. Menangkarkan burung berkicau termasuk hal yang susah-susah gampang. Mengapa dikatakan begitu? Karena pemeliharaan burung berkicau tidak terlalu sulit tetapi tidak juga terlalu gampang.

Di dalam menangkarkan burung berkicau, perawatan tentunya menjadi hal yang paling diutamakan. Dengan perawatannya yang bagus, burung dapat menjadi jawara di dalam suatu kontes. Namun, jika perawatannya tidak bagus, burung tidak akan bisa menjadi jawara di dalam suatu kontes.

Advertisements

Di dalam melakukan perawatan terhadap burung berkicau, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Salah satu hal yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan makan dan minum kepada burung. Sebagai pemilik burung yang baik, pemberian pakan dan minum tentu bukan menjadi hal yang sulit lagi.

Burung sangat memerlukan pakan dan minum agar ia dapat tetap hidup. Di dalam memberikan pakan dan minum kepada burung berkicau, ada dua jenis pakan yang dapat diberikan. Dua jenis pakan tersebut adalah pakan alami dan pakan tambahan. Untuk pakan alami yang dapat diberikan seperti kroto, daging ikan segar, jangkrik, cacing, belalang, dan lain sebagainya.

Pemberian pakan alami tidak dianjurkan terlalu berlebihan. Terutama pada saat ingin dikonteskan. Mengapa begitu? Karena pakan alami dapat menyebabkan birahi yang terlalu berlebihan. Ada beberapa kasus pada sebagian burung yang diberikan pakan alami terlalu banyak menyebabkan burung tersebut menjadi kegemukan.

Advertisements

Untuk itulah, jangan memberikan pakan alami yang terlalu berlebihan. Sedangkan pakan tambahan yang dapat diberikan seperti buah-buahan. Tidak semua jenis buah-buahan dapat diberikan pada burung. Hanya beberapa jenis buah-buahan saja seperti pir, apel merah, pisang, dan pepaya.

Pemberian pakan sebaiknya jangan itu-itu saja. Berikanlah variasi makanan setiap kali mengganti makanan tersebut agar burung tidak merasa bosan dengan pakan yang diberikan. Pemberian pakan yang bergantian harus diterapkan terutama untuk burung yang disangkarkan di daerah kaki gunung, persawahan, pinggir hutan, dan pantai.

Seperti yang telah dibahas diatas, tidak hanya pakan saja yang perlu diberikan pada burung tetapi air minum juga perlu diberikan. Air sangat berperan penting di dalam tubuh burung. Beberapa peran air di dalam tubuh burung seperti dapat membantu proses pencernaan, mengatur metabolisme dan suhu tbuh, dan dapat mengeluarkan sisa makanan yang ada pada tubuh burung.

Jadi, jika air minum tidak diberikan pada burung, maka tubuh burung akan kekurangan air dan proses yang seharusnya berjalan di dalam tubuh burung menjadi tidak berjalan.

Air yang dapat diberikan pada burung bukan hanya air minum saja, tetapi air untuk mandi juga perlu diberikan. Memandikan burung dapat memicu kicauan burung menjadi lebih bagus lagi. Memanikan burung dapat dilakukan di tempat mandi kusus.

Advertisements

Tinggalkan Balasan