Merawat bagian tubuh ayam

Diposting pada

Merawat seluruh bagian tubuh ayam petarung memang hal yang perlu kita lakukan apabila kita merasa bahwa kita adalah pemilik ayam petarung yang baik. Beberapa bagian tubuh yang perlu dirawat adalah seperti merawat taji, merawat bulu ayam,serta merawat kulit ayam’

Advertisements

Beberapa hal tersebut merupakan tiga dari sekian banyak bagian tubuh ayam yang perlu dirawat. Lantas, bagaimanakah cara merawat beberapa bagian tubuh tersebut? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simaklah uraian di bawah ini.

  • Merawat taji

Setiap ayam meiliki taji. Taji pada umumnya tumbuh dibagian kaki belakang. Lebih tepatnya tumbuh dibagian jari kaki belakang. Taji pada ayam perlu dirawat supaya pertumbuhan taji dapat terkontrol. Seiring dengan bertambahnya usia ayam, taji ayam akan makin bertambah panjang.

Jika dibiarkan akan menyebabkan taji ayam menjadi tumbuh bertambah panjang. Bagaimanakah cara merawat taji yang benar? Cara merawat taji yang benar adalah dengan menggosokkan taji dengan menggunakan ampelas.

Ampelas yang dipakai merupakan ampelas yang sangat halus. Taji yang akan diampelas harus ditajamkan terlebih dahulu. Cara menajamkan taji adalah dengan memotongnya dengan menggunakan pisau atau sejenisnya.

Pengampelasan yang dilakukan tidak hanya sekali tetapi harus secara rutin. Semakin rutin mengampelas taji maka semakin bagus pula bentuk taji. Taji yang tumbuh secara tidak merata tidak akan ada lagi jika kita merawat taji dengan benar.

Advertisements

Taji bisa saja akan mengalami patah. Taji yang patah dikarenakan ketika menajamkan taji terlalu runcing sehingga taji mudah patah. Taji yang patah ini biasanya tidak dapat tumbuh kembali. Namun, taji ini dapat tumbuh kembali.

Cara menumbuhkan taji kembali adalah dengan memberikan ramuan khusus untuk menumbuhkan taji kembali. Cara membuat ramuan khusus tersebut adalah de ngan mencampurkan madu dengan serbuk tempurung.

  • Merawat bulu dan kulit ayam

Perawatan bulu dan kulit ayam biasanya lebih sering dilakukan pada saat ayam selesai bertarung. Ayam yang selesai bertarung memang perlu dirawat pada bagian bulu dan bagian kulitnya.

Bulu ayam yang selesai bertarung warnanya akan berubah. Untuk mengembalikannya menjadi ke bentuk yang semula, bulu dapat diwarnakan kembali. Pada umumnya, warna bulu yang sering dipakai adalah warna kuning.

Tidak hanya bulu ayam saja yang perlu dirubah tetapi kulit ayam perlu dipertebal. Untuk mempertebal bulu ayam dapat dilakukan dengan menggunakan kemin. Kemin dapat diberikanuntuk membuat kulit ayam menjadi lebih tebal lagi.

Kemin juga bisa dipakai untuk membuat warna bulu menjadi kuning. Kemin tidak akan membuat bulu menjadi rusak. Hindari pemakaian pewarna bulu yang dapat membuat bulu menjadi rusak karena bulu sangat berfungsi untuk menjaga suhu badan tubuh ayam tersebut.

Cara memberikan kemin adalah dengan mencampurkan kemih dengan menggunakan kapur sirih. Perbandingan yang dapat dipakai adalah tiga berbanding satu.

Advertisements

Tinggalkan Balasan