Menyeragamkan ukuran buah

Diposting pada

Sering kali kita jumpai di salah satu kebun ukuran antar buahnya tidak seragam. Banyak hal yang mempengaruhi ukuran buah tidak seragam. Salah satunya adalah perbedaan asupan nutrisi antar buah tersebut. Tidak hanya itu saja, ukuran buahnya yang tidak seragam juga diakibatkan oleh bibit yang ditanam di kebun tidak seragam.

Menyeragamkan buah sebenarnya tidaklah sulit. Hanya dengan melakukan beberapa tahap saja kita sudah bisa mendapatkan ukuran buah yang seragam. Apa-apa saja tahap yang harus dilakukan untuk mendapatkan ukuran buah yang seragam? Tahap yang dapat dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut.

Advertisements
  1. Benih yang dipakai untuk ditanam adalah benih yang ukurannya seragam. Ukuran buah yang tidak seragam bisa jadi dikarenakan benih yang dipakai tidak seragam. Untuk itu pilihlah benih yang ukurannya seragam.
  2. Setelah benih yang dipilih ukurannya seragam, selanjutnya bibit yang sudah tumbuh harus dipelihara dengan baik. Pemeliharaan bibit sangat menentukan keseragaman dari bibit tersebut. Bibit yang dipelihara dengan tidak baik maka hasilnya tidak akan seragam.
  3. Bibit yang sudah dipelihara dengan baik selanjutnya dipisahkan menurut besar bibitnya. Dengan begitu, bibit yang ditanam akan seragam seluruhnya
  4. Bibit yang telah dipisahkan menurut ukurannya sebaiknya ditanam di bedengan yang berlainan. Misalnya saja bibit yang ukurannya lebih kecil ditanam di bedengan yang satu dan kemudian bibit yang berukuran besar di tanam di bedengan yang lainnya. Hal ini harus dilakukan supaya tanaman nantinya akan berbunga secara serentak dan akan berbuah secara serentak pula.

Itulah cara menyeragamkan ukuran buah. Lakukan hal diatas supaya buah yang akan dihasilkan dari kebun Anda akan seragam seluruhnya.

Advertisements

Pembuatan melon crispy

Buah melon terkenal dengan buah yang memiliki ukuran yang besar, rasa yang manis, serta teksturnya yang renyah atau crispy. Namun, tidak semua buah melon yang dihasilkan memiliki tekstur yang renyah. Buah melon yang krispi tergantung varietas buah melon tersebut.

Untuk membuat buah melon menjadi krispi caranya tidaklah sulit. Ada beberapa tahap yang dapat Anda lakukan apabila Anda ingin membuat melon crispi. Tahap-tahap tersebut diantaranya.

  • Memilih varietas

Seperti yang telah disebutkan diatas, tidak semua melon memiliki tekstur yang renyah. Semuanya tergantung pada varietas melon apa yang Anda tanam. Varietas yang memiliki tekstur renyah adalah varietas yang berasal dari Korea, Jepang, serta Cina. Sedangkan melon yang berasal dari Indonesia tidak memiliki tekstur yang renyah.

Melon yang memiliki tekstur renyah biasanya berasal dari melon yang tidak memiliki jaring. Jika Anda ingin memilih varietas dari melon crispy, sebaiknya pilih melon yang tidak berjaring lalu memastikan dari mana melon tersebut berasal.

  • Pengairan dan pemupukan

Selain pemilihan varietas melon, pengairan dan pemupukan juga berpengaruh terhadap kerenyahan dari buah melon. Pengairan dan pemupukan harus dilakukan dengan teratur supaya menghasilkan tekstur buah melon yang crispy.

Advertisements

Tinggalkan Balasan