11 Cara Cerdas Mengatasi Android Lemot / Lambat

Diposting pada

Banyak sekali pengguna smartphone yang tidak tahu cara mengatasi Android lemot. Kebanyakan dari mereka hanya membiarkan smartphone Android-nya lemot, bahkan sampai ada yang hang atau macet.

Hal ini tentunya tidak baik jika dibiarkan terus-menerus. Bisa-bisa sistem smartphone yang digunakan akan menjadi rusak. Untung jika masih bisa diselamatkan dengan membawanya ke service center, jika tidak?

Advertisements

Berikut adalah 11 cara mengatasi Android lemot yang mudah Anda lakukan sendiri.

Mengatasi Android Lemot

  1. Kurangi Widget Di Homescreen

Untuk Anda yang masih menggunakan banyak widget di homescreen, segera kurangi widget-widget tersebut agar android Anda tidak lemot.

Anda harus selektif dalam memilih mana widget yang harus dipakai, dan mana yang tidak dipakai atau kurang penting.

Contoh widget yang membuat perangkat Android lemot adalah widget cuaca. Wigdet ini selalu terhubung dengan internet untuk mencari info pembaruan cuaca dari servernya. Oleh karena itu, sebaiknya anda tidak memakai widget ini.

  1. Memori Internal Penuh

Penuhnya memori internal menjadi salah satu faktor yang membuat smartphone Android Anda menjadi lemot. Hapus file-file yang tidak penting agar tidak memperlamban kinerja smartphone Anda.

  1. Membersihkan Cache

Memberihkan cache menjadi salah satu cara ampuh mengatasi Android lemot. Mungkin cache terdengar asing, cache adalah penyimpanan sementara yang ada di perangkat Android.

Cache pada smartphone Android lambat laun akan terus bertambah, kemudian berdampak pada memori yang penuh dan membuat smartphone Android lemot.

Hapus cache pada Android Anda dengan cara masuk ke Pengaturan → Manajer Aplikasi, kemudian cari aplikasi yang akan di hapus cache-nya kemudian tap clear cache.

  1. Update Firmware

Sering kali Anda menjumpai notifikasi untuk memperbarui sistem Android Anda. Salah satu manfaat dari memperbarui firmware adalah memerbaiki kinerja smartphone Android sebelumnya. Jika setelah memperbarui firmware namun malah perangkat Anda menjadi lemot, cobalah untuk melakukan reset pengeturan pabrik.

  1. Jangan Menjalankan Banyak Aplikasi Bersamaan

Mengatasi Android Lemot

Untuk Anda yang memiliki smartphone Android dengan spesifikasi yang kurang bagus, sebaiknya Anda tidak menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan. Hal ini akan membuat smartphone Android anda lambat atau lemot.

Advertisements

Selain menjadikan lemot, hal ini juga akan membuat baterai smartphone Android boros.

  1. Jangan Memasang Live Wallpaper

Sebagian orang terutama wanita sering menggunakan live wallpaper dengan maksud untuk memperindah tampilan pada smartphone Android mereka. Namun hal ini justru akan membuat Android lemot.

Gunakanlah wallpaper yang sederhana agar loading pada smartphone Android maksimal.

  1. Pindahkan Aplikasi Ke Memori Eksternal

Secara default, aplikasi yang di instal di perangkat Android akan masuk ke memori internal, dan hal ini akan membuat kapasitas memori internal Anda habis bahkan berkurang.

Solusinya adalah, pindahkan aplikasi-aplikasi tersebut ke memori eksternal dengan cara ke Pengaturan → Aplikasi → pilih aplikasinya dan pindahkan ke memori eksternal.

  1. Tutup Aplikasi Tak Terpakai

Anda sering tidak menutup aplikasi setelah menggunakannya? Sebaiknya mulai sekarang Anda tidak melakukan hal itu lagi jika tidak ingin HP Android Anda lemot.

Tidak menutup aplikasi ini sama halnya Anda menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan.

  1. Jangan Menggunakan Auto Rotate

Fitur rotasi layar adalah fitur dimana layar akan menyesuaikan tampilan layar secara vertikal maupun horizontal. Tetapi, jika Anda jarang menggunakan fitur ini sebaiknya Anda mematikannya.

Bagi Anda yang sering memakainya, segera matikan jika sudah tidak ada keperluan menggunakan fitur ini untuk menambah kinerja smartphone Android Anda.

  1. Jangan Menggunakan Auto Brightness

Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan pengaturan cahaya layar yang sesuai dengan tempatnya. Namun fitur ini terkadang bisa membuat Android lemot.

Kadang, ditemukan lag beberapa detik ketika smartphone sedang melakukan re-setup brightness layar. Sebaiknya gunakanlah pengaturan kecerahan layar secara manual.

Selain bisa pas dengan kehendak kita, hal ini bisa menghindari terjadinya lag pada Android.

  1. Hapus SMS yang Menumpuk

Banyak sekali pengguna smartphone yang menumpuk ratusan bahkan ribuan baik pada kotak masuk maupun keluar. Hal ini akan membuat smartphone Android menjadi lemot. Sebaiknya lakukanlah penghapusan SMS secara berkala agar terhindar dari hal ini.

Itulah 11 cara yang bisa Anda gunakan mengatasi Android lemot Anda. Semoga membantu.

Advertisements
Gambar Gravatar
Android User (Xiaomi Redmi 4A) . Blogger . Love semua tentang teknologi. Terutama gadget.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *