Memulai pertandingan

Diposting pada

Sebelum pertandingan dimulai, terlebih dahulu kita perlu mempersiapkan beberapa persiapan yang memang diperlukan pada saat pertandingan nantinya dimulai. Salah satunya adalah mempersiapkan lawan yang sesuai untuk ayam kita. Setelah itu, ayam petarung kita dapat dibawa ke petarungan.

Sesampainya di petarungan, jangan terlalu tidak memperhatikan ayam aduan yang kita punya karena bisa saja pemilik ayam lawan dapat berbuat curang pada kita untuk mengalahkan ayam petarung kita. Hal ini sering kali terjadi di dalam pertarungan. Namun, bagi kita yang jeli tidak akan dicurangi dengan pemilik ayam lawan.

Advertisements

Setelah itu, pertarungan dapat dimulai. Di dalam pertarungan, ada beberapa tahapan yang harus dilewati oleh ayam petarung. Beberapa tahapan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Tahap penjajakan

Tahap penjajakan juga disebut sebagai tahap abar.  Tahap penjajakan merupakan tahap awal dimana ayam petarung baru pertama kali saling berhadapan. Setelah itu, ayam nantinya akan saling menyerang satu sama lain tetapi tetap menjaga jarak antara satu sama lain.

Di tahap penjajakn ini, pertarungan antara kedua ayam lebih sering terjadi di udara. Mengapa pertarungan lebih sering terjadi di udara? Karena kedua ayam pada tahap penjajakan ini lebih sering sama-sama melompat. Pada saat melompat inilah nantinya ayam akan mengeluarkan pukulannya dan saling memukul atau menyerang satu sama lain.

Tahap penajajakan akan selesai pada saat kedua ayam sudah melihatkan untuk bertarung secara sebenarnya. Dengan begitu, tahap penjajakan akan diberhentikan dan berlanjut pada tahap selanjutnya.

Advertisements
  • Tahap pertarungan

Pada tahap ini, kedua ayam memang benar-benar bertarung secara sebenarnya. Berbeda dengan tahap penjajakan, pada tahap pertarungan kedua ayam akan bertarung secara berdekatan. Tempo pertarungannya memang lebih cepat karena pada saat tahap pertarungan ini merupakan titik dimana kedua ayam saling menyerang satu sama lain.

Akan tetapi, pukulan yang dikeluarkan dari kedua ayam lebih efisien. Lama atau tidaknya tahap pertarungan dilihat dari stamina dari kedua ayam. Jika salah satu dari kedua ayam telah terlihat tidak dapat melanjutkan tahap pertarungan maka tahap pertarungan dapat diberhentikan.

Namun jika kedua ayam staminanya masih terlihat seimbang maka tahap pertarungan terus berlanjut hingga salah satu dari kedua ayam tersebut tidak lagi dapat melanjutkan pertarungan.

  • Tahap penyelesaian

Tahap penyelesaian merupakan tahap akhir di dalam pertarungan ayam. Tahap penyelesaian ini merupakan tahap yang memiliki tempo yang lebih lambat. Mengapa begitu? Karena masing-masing ayam petarung staminanya sudah menurun dan melemah sehingga tempo pertandingannya lebih lambat lagi.

Tahap penyelesaian merupakan tahap dimana akan ditentukan siapa yang akan menjadi pemenangnya. Ayam petarung yang memang merupakan petarung sejati akan menunjukkan kemampuannya dalam bertarung. Ayam petarung yang baik akan mengeluarkan pukulan yang dapat mematikan lawan.

Dengan begitu ayam tersebut dapat ditetapkan sebagai pemenangnya.

Advertisements

Tinggalkan Balasan