Masa Rawat siap Kontes dan Masalah utama

Diposting pada

Masa rawat siap kontes

Burung kacer termasuk ke dalam petarung sejati. Jadi, untuk melakukan perawatannya tidaklah mudah. Dibutuhkan keahlian khusus serta beberapa hal lainnya ynag menunjang perawatan burung kacer agar dapat menang saat dikonteskan nantinya.

Advertisements

Setiap kacer memiliki karakter yang berbeda-beda. Jadi, untuk perawatan caranya juga berbeda-beda. Tergantung pada jenis dan ras kacer yang kita pelihara. Perawatan siap kontes harus dilakuakan dengan baik tanpa harus memaksa burung kacer. Sangat tidak dianjurkan untuk memaksa burung kacer dapat dirawat.

Jika hal tersebut dilakukan akan mengakibatkan burung kacer merasa ketakutan saat dimasukkan ke arena kontes. Jika burung sudah merasa takut sangat kecil kemungkinan untuk menang.

Pada umumnya, masa rawat siap kontes setiap kacer itu sama saja. Setelah beberapa tahun dirawat dengan baik, selanjutnya kacer dapat diikutsertakan ke dalam kontes. Untuk perawatan khusus untuk kontes dapat dimulai pada saat umur kacer telah memasuki tiga tahun. Setelah itu, pada tahun ke empat kita dapat memasukkan burung ke dalam arena kontes.

Ketika merawat burung kacer, ada dua hal yang perlu benar-benar dilatih, yaitu pelatihan mental dan pelatihan fisik. Kedua hal ini tidak boleh dipisahkan karena jika fisik tidak benar tetapi mental benar tetap saja tidak dapat diikutsertakan ke arena kontes. Begitu pula sebaliknya, jika mental tidak benar tetapi fisik benar tetap saja tidak dapat diikutsertakan ke arena kontes karena tidak memiliki mental yang bagus.

MASALAH UTAMA

Advertisements

Setiap burung berkicau pasti memiliki masalah yang sulit untuk diatasi. Termasuk juga kacer. Kacer memiliki masalah yang sangat sulit untuk diatasi. Salah satu masalah utama yang dimiliki oleh kacer adalah ketika sudah berada di atas arena, suara kacer yang tadinya lepas menjadi tidak lepas.

Masalah utama ini tak lepas dari kesalahan pemilik burung kacer tersebut. Mengapa dapat dikatakan jika masalah suara yang tidak lepas merupakan kesalah dari pemilik burung kacer? Hal tersebut dikarenakan pemilik terlalu berlebihan dalam memberikan pakan alami. Akibatnya, burung menjadi terlalu birahi.

Burung yang terlalu birahi membuatnya memiliki suara yang tidak lepas. Tidak hanya pemberian pakan alami yang terlalu berlebihan, tetapi ada beberapa hal lainnya yang membuat suara burung menjadi tidak lepas. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Pemilik terlalu memaksakan kacer agar dapat masuk ke arena kontes padahal kacer dalam masa rontok bulu.
  2. Kacer belum memiliki mental yang bagus tetapi tetap dikonteskan.
  3. Tidak memiliki dasar mental yang bagus sehingga sangat sulit untuk dilatih.
  4. Suara burung yang tidak lepas juga dapat disebabkan gangguan sewaktu di perjalanan. Kacer sangat rentan terhadap gangguan sehingga dapat mengakibatkan stres.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan suara burung kacer menjadi tidak lepas.

Selepas dari pembahasan diatas, hendaknya pemilik kacer lebih merawat kacer dengan baik dan jangan terlalu memaksakan kacer apabila belum waktunya untuk dikonteskan.

Advertisements

Tinggalkan Balasan