Masa rawat siap kontes dan masalah utama burung cucak jenggot

Diposting pada

MASA RAWAT SIAP KONTES

Sebagai burung yang dikonteskan, latihan mental dan fisik perlu dilakukan. Latihan mental dan fisik ini perlu dilakukan dengan tujuan agar saat dikonteskan nanti cucak jenggot dapat menang dari burung berkicau lainnya. Pelatihan cucak jenggot siap kontes dilakukan tidak pada saat cucak jenggot masih kecil.

Advertisements

Tetapi dilakukan pada saat cucak jenggot telah berumur dua tahun. Pada saat itulah latihan siap kontes dapat dilakukan. Perawatan atau pelatihan siap kontes harus dilakukan dengan baik supaya cucak jenggot dapat berkicau dengan rajin. Namun jangan lupa pelatihan mental juga harus dilakukan karena tidak ada gunanya jika cucak jenggot mempunyai kicauan yang bagus tetapi tidak memiliki mental yang bagus.

Setelah dilatih beberapa tahun, cucak jenggot dapat diikutsertakan ke dalam kontes. Ingatlah, ketika dimasukkan ke dalam kontes burung cucak jenggot sudah memiliki mental dan suara yang bagus.

MASALAH UTAMA

Setiap burung memiliki kelebihan maupun kekurangan. Termasuk burung cucak jenggot. Kelebihan dari burung cucak jenggot adalah memiliki variasi suara yang banyak, tingkat perawatannya yang mudah, rajin berkicau, perkawinannya yang tidak terlalu sulit serta harganya yang murah.

Namun dibalik dari kelebihannya tersebut, ternyata burung cucak jenggot juga memiliki kekurangan. Kekurangan yang dimiliki oleh burung cucak jenggot adalah rentan terhadap gangguan lingkungan sekitar. Cucak jenggot memang terkenal dengan sifatnya yang rentan terhadap gangguan lingkungan sekitar.

Advertisements

Contoh gangguan lingkungan sekitar seperti hewan yang sering mengganggu cucak jenggot sehingga membuat kondisi cucak jenggot menjadi menurun. Hal ini sangat tidak baik jika terjadi pada saat cucak jenggot sedang diarena kontes. Untuk menghindari masalah mengenai gangguan lingkungan sekitar, sebaiknya sangkar cucak jenggot diletakkan di tempat yang benar-benar aman dari gangguan lingkungan sekitar.

Selain itu, kekurangan lainnya yang dimiliki oleh cucak jenggot adalah mudah gemuk. Masalah kegemukan pada cucak jenggot memang sangat sulit untuk dihindari terutama bagi para kicau mania pemula. Namun untuk kicau mania yang sudah lama akan mengerti sifat cucak jenggot yang satu ini.

Untuk mengatasi masalah kegemukan tidaklah sulit. Hanya dengan mencari penyebab dari kegemukan tersebut lalu menghentikan penyebab tersebut. Pada umumnya, penyebab masalah kegemukan adalah karena pemberian pakan yang terlalu berlebihan. Jadi jika masalahnya adalah pemberian pakan yang terlalu berlebihan, mulailah memberikan pakan pada burung cucak jenggot secukupnya saja.

Tidak hanya itu saja, kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh cucak jenggot adalah penampilan tidak konsisten pada saat diarena kontes. Maksud dari penampilan tidak konsistem pada saat diarena kontes adalah penampilannya selalu berubah-ubah.

Misalnya hari ini cucak jenggot menampilkan performa yang sangat bagus dengan suara yang sangat merdu. Namun besoknya cucak jenggot menampilkan performa yang tidak bagus dengan suara yang kurang bagus seperti hari ini.

Advertisements

Tinggalkan Balasan