Maraknya kontes adenium

Diposting pada

Adenium merupakan tanaman yang saat ini kedudukannya di dunia tanaman hias sedang diperhitungkan. Walaupun tanaman hias adenium ini termasuk tanaman yang baru saja diperkenalkan di Indonesia, yaitu beberapa tahun yang lalu, tetapi tingkat kepopulerannya tidak kalah dengan tanaman hias yang sudah lama dikenal di Indonesia.

Karena banyak yang menyukai tanaman hias adenium ini, membuat para pecintanya berlomba-lomba untuk mengumpulkan. Tidak hanya dari kalangan pecinta tanaman hias adenium saja, tetapi dari kalangan para kolektor pun berlomba-lomba untuk mengoleksi tanaman hias adenium ini.

Advertisements

Apa bedanya antara pecinta adenium dengan kolektor? Bedanya adalah, jika pecinta adenium mengkoleksi segala jenis tanaman hias adenium dari bentuk apa pun. Berbeda halnya dengan kolektor yang hanya mengkoleksi tanaman hias yang unik-unik saja. Tidak hanya tanaman hias adenium saja yang dikoleksi oleh kolektor, tetapi tanaman hias lainnya juga ikut dikoleksi oleh para kolektor ini.

Apakah Anda pernah mendengar mengenai pameran tanaman hias? Mungkin bagi Anda penggemar tanaman hias pameran tanaman hias sudah hal yang biasa. Bagi Anda yang belum mengetahui mengenai pameran tanaman hias, kita akan membahasnya pada kesempatan kali ini.

Pameran tanaman hias merupakan pameran yang diadakan untuk memperkenalkan tanaman hias kepada halayak luas. Dengan begitu, tanaman hias dapat dikenalkan dan pengetahuan halayak terhadap tanaman hias menjadi bertambah. Pameran tanaman hias tidak hanya untuk satu tanaman hias saja, tetapi untuk seluruh jenis tanaman hias.

Advertisements

Biasanya, para pecinta dan para kolektor akan memperkenalkan tanaman hiasnya satu per satu dengan cara disusun secara rapi. Tidak hanya pameran saja, biasanya di dalam pameran tersebut juga diadakan sekaligus perlombaan.  Tanaman hias yang bagus dan terpilihlah yang akan dijadikan sebagai pemenangnya.

Namun, tidak setiap pameran mengadakan perlombaan seperti itu, hanya beberapa kota di Indonesia saja yang mengadakan perlombaan ketika pameran sedang berlangsung.

Tanaman hias adenium tidak pernah tidak mendapatkan juara. Pasti ada salah satu dari sekian banyak tanaman hias adenium yang menjadi sepuluh besar atau masuk ke dalam tiga besar. Hal tersebut tentunya menjadi kebanggaan bagi para penggemar tanaman hias adenium karena telah terbukti bahwa tanaman adenium mampu bersaing dengan tanaman hias lainnya.

Ada juga sebuah perlombaan yang memang khusus untuk melombakan tanaman hias adenium saja. Biasanya ada lembaga khusus yang melombakan tanaman hias adenium ini. Ketika melombakan adenium, nantinya adenium yang menjadi peserta dipisahkan-pisahkan berdasarkan kelasnya.

Ada beberapa kelas yang bisa dipilih ketika ingin menjadi peserta lomba adenium. Beberapa kelas tersebut seperti RCN, kelas unik, kelas total performa, serta kelas prospek kecil. Itulah beberapa kelas yang dapat diambil bagi peserta tanaman hias adenium. Biasanya yang akan menentukan dimana letak kelas tanaman hias adenium adalah panitia dari pembuka perlombaan tersebut.

Advertisements

Tinggalkan Balasan