Kandang dan kelengkapannya

Diposting pada

Di dalam merawat burung berkicau, kandang merupakan hal yang paling penting. Tidak ada kandang berarti tidak bisa menangkarkan burung. Karena di dalam kandang ini lah burung dapat dirawat. Tidak hanya kandang saja yang perlu dipersiapkan tetapi perlengkapan di dalam kandang tersebut juga perlu dipersiapkan.

Untuk meletakkan kandang, pastinya diperlukan tempat. Besar atau kecilnya tempat untuk meletakkan kadang tergantung berapa banyak burung yang akan dipelihara. Jika burung yang dipelihara dalam kapasitas banyak, maka tempat untuk meletakkan kandang harus besar. Namun, jika burung yang dipelihara dalam kapasitas yang sedikit, maka tempat untuk meletakkan kandang tidak perlu terlalu besar.

Advertisements

Tempat untuk meletakkan kandang harus jauh dari gangguan lingkungan. Gangguan lingkungan sekitar dapat membuat burung tidak nyaman. Akibatnya burung menjadi ketakutan dan lama kelamaan akan membuat burung menjadi stres. Burung yang sudah stres tidak akan berkicau dengan baik lagi.

Burung yang paling rentan terkena gangguan lingkungan adalah burung cucakrawa, anis mrah, dan cucak ijo. Sinar matahari harus masuk ke dalam tempat untuk meletakkan kandang. Hal ini bertujuan agar burung tetap mendapatkan cahaya matahari yang cukup karena ada sebagian burung yang sangat membutuhkan sinar matahari untuk kelangsungan hidupnya.

Setiap burung berkicau kebutuhannya berbeda-beda. Begitu pula dengan kebutuhan kandang. Tidak semua jenis burung membutuhkan kandang dengan ukuran yang sama. Untuk burung murai batu, cucak ijo, cucak jenggot, anis merah, toet, dan anis kembang membutuhkan kandang dengan ukuran yang lumayan besar. Kandang yang besar ini digunakan sekaligus untuk kandang kawin.

Advertisements

Untuk burung cucakrawa membutuhkan kandang dengan ukuran yang cukup tinggi, tertutup, dan luas. Untuk burung kacer membutuhkan kandang dengan ukuran yang lebih kecil tetapi memiliki kaki. Sama halnya dengan burung kacer, burung kenari dan lovebird membutuhkan kandang dengan ukuran yang lebih kecil tetapi dibuat dari bahan yang berbeda dari burung kacer.

Setelah selesai menentukan ukuran kandang, selanjutnya kandang perlu diisi dengan perlengkapannya. Perlengkapan yang perlu ada di dalam kandang seperti tempat makan burung, tempat minum burung, tempat bertelur, tenggeran, serta lampu. Perlengkapan ini bisa dibuat sendiri atau dibeli di tempat penjualan perlengkapan burung.

Untuk tenggeran dapat dibuat dari kayu bulat yang sudah kering. Tenggeran harus diletakkan di tempat yang pas dan jangan sampai bergoyang dan patah. Sedangkan untuk tempat meletakkan makanan dan air minum dapat terbuat dari bahan yang transparan. Tujuannya agar burung dapat mengetahui di dalam tempat tersebut berisi makanan maupun air minum.

Meletakkan tempat makanan dan tempat minum jangan sampai terkena sinar matahari. Tidak hanya itu saja, letakkan tempat makan dan minum di tempat yang tidak terkena air hujan.

Perlengkapan selanjutnya adalah tempat bertelur. Tempat bertelur bisa terbaut dari rumput atau dedaunan seperti daun pisang dan lain sebagainya. Kandang juga perlu diberikan lampu untuk penerangan pada malam hari.

Advertisements

Tinggalkan Balasan