Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 6, Flagship Xiaomi 2017

Diposting pada

Setelah beberapa bulan hanya bisa berspekulasi, kemarin, 19 April 2017 secara resmi Xiaomi mengumumkan flagship terbaru mereka, Xiaomi Mi 6.

Peresmian tersebut dilakukan mereka di salah satu Universitas di Beijing yang dihadiri media lokal, maupun internasional.

Advertisements

Mi 6 memiliki keunggulan utama pada dual kameranya dan fitur tahan air dan debu. Ini merupakan smartphone pertama Xiaomi yang memiliki fitur tersebut.

Yang paling mengagetkan dari Xiaomi Mi 6 adalah, mereka telah “menghilangkan”  salah satu bagian penting bagi penggunanya, hmm…

Lebih lengkapnya, mari kita bahas harga dan spesifikasi Xiaomi Mi 6.

Spesifikasi Xiaomi Mi 6

Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi 6

Mi 6 didesain dengan dimensi 145.2 x 70.5 x 7.5 mm dengan material logam. Berat smartphone ini kurang lebih 162 gram, dan untuk varian khusus, yakni dengan bahan ceramic 182 gram.Perubahan desainnya tidak terlalu mencolok dibandingkan dengan pendahulunya Mi 5 series.

Xiaomi masih membekali flagship-nya ini dengan panel kaca melengkung pada sisi kanan dan kiri layar (edge).

Dibawah layarnya, terdapat sebuah home button yan berfungsi juga sebagai sensor sidik jari.

Disisi belakang, terdapat dua buah kamera dan LED Flash disampingnya. Seperti biasa, logo khas Xiaomi ditempatkan di bawah smartphone.

Untuk spekernya, ditempatkan sisi bawah smartphone, berdampingan dengan slot USB type-C.

Layar

Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi 6

Xiaomi Mi 6 membawa layar berukuran 5.15 inci, ukuran ini saya pikir sangat pas. Tidak kebesaran, namun juga tidak terlalu kecil.

Tak seperti flagship lainnya, Mi 6 masih tidak membawa resolusi 4k atau 2k, namun masih membawa resolusi layar 1080p atau full HD dengan kerapatan piksel 428 PPI.

Layarnya sendiri sudah mempunyai fitur eye protection sehingga bisa megurangi efek radiasinya. Terdapat fitur layar lainnya seperti sunlight display, dll.

Kamera

Mi 6 mengusung dual kamera belakang. Kedua kamera tersebut beresolusi 12 MP, masing-masing kamera mempunyai fungsi tersendiri tentunya.

Pertama, lensa kamera Wide Angle. Resolusinya 12 MP dengan lebar 1.25μm. Mempunyai focal length 27 mm dan 4-axis optical image stabilization yang berfungsi untuk menyetabilkan foto maupun video. Lensa ini mempunyai bukaan f/1.8.

Kedua, lensa kamera Telephoto, beresolusi 12 MP dengan lebar 1.0 μm dan mempunyai focal length 52 mm dan bukaan f/2.8. Sudah mendukung PDAF, HDR, dan fitur-fitur umu lainnya.

Kamera utamanya bisa menghasilkan video dengan resolusi 4k, 1080p, dan 720p dengan 30 fps. Selain itu, fitur slow motion 720p dengan 120 fps telah hadir di Xiaomi Mi 6 ini.

Advertisements

Untuk penggila selfie, terdapat kamera depan beresolusi 8 MP. Pastinya, terdapat fitur smart-beauty generasi ketiga. Untuk video call, kamera depanya sudah bisa mencapai resolusi 1080p.

Fitur “Anti Air”

Ternyata eh ternyata, fitur tahan air dan debu yang digembor-gemborkan ternyata tidak terjadi begitu nyata. Perangkat Xiaomi Mi 6 ini ternyata belum memiliki sertifikasi seperti IP67 atau IP68, namun dibawahnya.

Dengan begitu, Mi 6 ini tidak berani kalau dibuat menyelam sob. Ternyata, fitur yang ada Splash resistant atau tahan cipratan air.

Kalau dipaksa untuk menyelam, kerusakan kemungkinan besar terjadi sob.

Jeroan Gahar

Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi 6
Mi 6 Ceramic

Xiaomi Mi 6 mempunyai RAM 6 GB. Selain itu, chipset yang digunakan adalah Qualcomm Snapdragon 835 dengan prosesor octa-core (4x 2,45 GHz Kyro & 4x 1m9 GHz Kyro) dan grafik (GPU) Adreno 540.

Untuk memori internalnya, hanya ada dua varian saja, yaitu versi 64 GB dan 128 GB. Apakah ada slot microSD? Tidak sob,.

Mi 6 menggunakan Android 7.1.1 Nougat yang hingga kini belum mainstream digunakan sob.

Dikabarkan, skor Antutu Benchmark Mi 6 berhasil mengalahkan primadona Samsung, Galaxy S8 dengan skor mencapai 184 ribu. Sedangkan S8 sendiri hanya mencapai 171 ribu saja.

Hmm…

Namun ada kekurangan sob, seperti yang saya senggol diatas. Xiaomi ikut “nekat” menghilangkan slot audio jack 3.5mm dan diganti dengan colokan audio berbasis USB tipe-C.

Namun tenang, Xiaomi membekali earphone bawaan, jadi nggak perlu beli lagi deh jika sobat “kere”. Bisa juga cari kabel buat menghubungkan audio jack 3.5mm ke slot USB tipe-C.

Baterai “Terbesar”

Bukan yang terbesar kalau dibandingkan smartphone “bukan flagship” sob. Namun jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy S8, Apple iPhone 7, baterai Xiaomi Mi 6 ini paling besar, dengan kapasitas 3350 mAh.

Selain itu, fitur fast charging sudah tersemat pastinya.

Soal sensor, lengkap sob. Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer ada.

Untuk spesifikasi lainnya, bisa dilihat dibawah ini.

Spesifikasi MI 6

  • USB type-C
  • Bluetooth v5.0
  • NFC
  • Dual Nano SIM – 4G LTE

Harga Xiaomi Mi 6

Inilah yang sobat tungg-tunggu, yakni harga dari flagship Mi 6. Berikut harga Mi 6 berdasarkan acara peluncuran Mi 6 di Beijing kemarin.

  • Xiaomi Mi 6 – Memori Internal 64 GB, RAM 6 GB: 2.499 RMB  (4,8 juta rupiah)
  • Xiaomi Mi 6 – Memori Internal 128 GB, RAM 6 GB: 2.899 RMB  (5,6 juta rupiah)
  • Xiaomi Mi 6 (versi dengan material keramik) – Memori Internal 128 GB, RAM 6 GB: 2.999 RMB  (5,8 juta rupiah)

Warna yang tersedia: Hitam, Biru, Putih, Silver, dan Ceramic ver.

Harga tersebut adalah harga untuk pasar China, belum ada kabar apakah Mi 6 akan masuk ke Indonesia atau tidak.  Kita tunggu saja. #MendingXiaomi

Advertisements
Gambar Gravatar
Android User (Xiaomi Redmi 4A) . Blogger . Love semua tentang teknologi. Terutama gadget.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *