Harga dan Spesifikasi Nokia 6, Smartphone Android Nokia Pertama 2017

Diposting pada

Sudah lama beredar kabar bahwa Nokia yang pernah menguasai pasar ponsel akan kembali lagi dengan mengusung smartphone-smartphone anyar.

Pada tahun 2016, Nokia ramai dikabarkan akan merilis smartphone Android dengan seri C1. Namun ternyata perkiraan tersebut melesat.

Advertisements

Brand yang sekarang dipegang oleh HMD Global tersebut pada bulan Januari 2017 ini justru memperkenalkan smartphone Nokia dengan OS Android pertamanya Nokia 6.

Spesifikasi Nokia 6 sendiri hampir semua yang dibawanya adalah keluaran baru, sebut saja OS Android 7.0 Nougat.

Untuk menjawab rasa penasaran Anda, berikut ini adalah ulasannya.

Spesifikasi Nokia 6

Spesifikasi Nokia 6

Layar dan Desain

Kita mulai dengan mengupas sisi luarnya terlebih dahulu. Nokia 6 dibalut dengan material logam Aluminium seri 6000 yang terkenal kuat dan kokoh serta mempunyai dimensi smartphone sebesar 154 x 75.8 x 8.4 mm.

Pada sisi depan, terdapat layar berukuran 5.5 inci dengan resolusi full HD. Yang membuatnya semakin mewah, Nokia 6 ini mempunyai layar melengkung (egde) pada layarnya.

Selain itu, layarnya juga telah terpasang Corning Gorilla Glass 3. Tak lupa, panel layar IPS juga telah ada pada smartphone ini.

Di atas layarnya, terdapat sensor, kamera depan, dan logo Nokia yang ditempatkan di pojok kanan atas smartphone.

Sedangkan pada bawah layar terdapat dua tombol capasitive: kembali (back) dan recent apps. Lalu, pada tengah-tengah dua tombol tersebut terdapat tombol home yang juga berfungsi sebagai sensor sidik jari.

Pada sisi belakang Nokia 6, terdapat kamera berikut LED flash-nya yang ditempatkan secara vertikal, dan juga logo Nokia persis pada tengah-tengah.

Secara keseluruhan, desain dan layar dari Nokia 6 ini sangat saya sukai.

Kamera

Spesifikasi Nokia 6

Advertisements

Sejak dari dulu, kita pasti sudah tahu kalau Nokia merupakan vendor smartphone yang sangat memperhatikan sektor kameranya.

Pada Nokia 6 ini, mereka menanamkan kamera utama 16 MP dilengkapi dengan PDAF (Phase Detection Autofocus), aperture f/2.0, dan LED flash untuk membantu Anda memotret di tempat yang kurang cahaya.

Baca juga:19 Tips Memilih Smartphone Android yang Bagus

Sedangkan pada kamera depannya, Nokia 6 mempunyai kamera beresolusi 8 MP yang diatas kertas sudah bisa menyuguhkan kamera selfie, wefie dengan optimal.

Memori, RAM, dan Prosesor

Untuk masalah jeroannya, spesifikasi Nokia 6 didukung dengan memori internal sebesar 64 GB. Jika dirasa masih kurang, pengguna bisa menambahkan microSD sampai dengan 256 GB.

Nokia 6 membawa OS Android versi terbaru yaitu 7.0 Nougat. Jeroan lainnya yang turut berperan penting yaitu RAM 4 GB, prosesor Qualcomm MSM8937 (Snapdragon 430) dengan CPU Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53 dan GPU Adreno 505.

Walaupun tidak menggunakan prosesor kelas atas, smartphone ini di klaim bisa bekerja optimal berkat kombinasi hardware lainnya. Hal ini membuat smartphone ini mempunyai kinerja yang mumpuni untuk komunikasi, dan media sosial harian pengguna.

Spesifikasi Nokia 6 Lainnya

Sound Supporter Dolby Atmos sound enhancement
USB microUSB v2.0, dukungan USB On-The-Go
Sensor Fingerprint , accelerometer, gyro, proximity, compass
Baterai Non-removable Li-Ion 3000 mAh
Warna Hitam

 

Harga Nokia 6

Seperti yang disampaikan oleh HMD Global pada press release Nokia 6, smartphone Android pertama mereka pada tahun 2017 ini akan diluncurkan di China melalui situs e-commerce JD.com.

Mereka mematok harga pada angka 1699 CNY atau jika dirupiahkan berkisar 3,2 jutaan rupiah.

Belum tahu, kapan smartphone ini akan dirilis. Namun seperti yang mereka katakan, Nokia 6 akan dirilis bulan ini.

Advertisements
Gambar Gravatar
Android User (Xiaomi Redmi 4A) . Blogger . Love semua tentang teknologi. Terutama gadget.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *