Burung cucakrawa

Diposting pada

Burung cucakrawa merupakan salah satu jenis burung berkicau. Burung cucakrawa telah dikenal sejak puluhan tahun yang lalu tepatnya pada tahun 1970-an. Pada saat itu, para kicau mania telah mengenal burung cucakrawa dan mulai mengikutsertakan burung ini ke dalam kontes burung berkicau.

Burung cucakrawa memang dikenal sebagai burung yang memiliki suara atau kicauan yang sangat khas. Karena memiliki suara yang khas membuat suara atau kicauan burung ini sangat mudah untuk dikenali. Banyak orang yang sudah tertarik untuk memeliharanya. Maka tidak heran jika sudah banyak komunitas pecinta burung cucakrawa yang tersebar diberbagai daerah di Indonesia ini.

Advertisements

Ada sebagian pecinta burung cucakrawa yang terlalu fanatik sehingga membentuk sebuah komunitas tersendiri. Pada umumnya, burung cucakrawa memiliki sifat yang tenang dan pendamai. Kedua sifat inilah yang paling disukai oleh para kicau mania sehingga banyak yang menyukai burung cucakrawa.

Burung yang termasuk ke dalam kerabat cucak jenggot ini tidak memiliki variasi suara. Namun begitu, karena suaranya yang khas membuat burung ini terkesan memiliki suara yang berbeda dari burung pada .

Cucakrawa dikenal sebagai burung unggulan kelas atas. Tingkatan kelas burung cucakrawa dapat disejajarkan dengan burung anis merah, serta beberapa jenis burung unggulan kelas atas lainnya.

Habitat asli

Seperti burung pada umumnya, habitat asli dari burung cucakrawa adalah di hutan. Cucakrawa hidup di hutan sekunder yang memiliki sumber air yang melimpah. Jika di hutan tersebut sudah tidak memiliki sumber air yang melimpah maka burung cucakrawa akan pindah ke hutan lainnya.

Advertisements

Di habitat aslinya, cucakrawa sangat jarang berkicau. Cucakrawa hanya akan berkicau pada saat-saat tertentu saja seperti pada saat musim kawin tiba. Pada saat musim kawin inilah nantinya cucakrawa akan berkicau dengan keras untuk merayu pasangannya. Sedangkan hari-hari biasa bisa dikatakan cucakrawa sangat jarang berkicau.

Saat ini burung cucakrawa telah menyebar hampir keseluruh daerah yang ada di Indonesia. Namun antara daerah satu dengan daerah lainnya jenis cucakrawanya berlainan. Setiap daerah memiliki ciri khas cucakrawa yang berbeda-beda.

Derah Asal Burung pilihan

Tidak semua daerah memiliki burung cucakrawa pilihan. Hanya beberapa daerah saja yang bisa ditemukan cucakrawa pilihan. Pada umumnya, kicau mania lebih memilih burung cucakrawa untuk dikonteskan yang berasal dari Lampung. Mengapa dipilih yang berasal dari Lampung? Karena burung cucakrawa yang berasal dari Lampung memiliki suara yang khas serta beberapa keunggulan lainnya.

Akan tetapi, burung cucakrawa yang lebih sering dijual di pasaran merupakan burung yang berasal dari daerah Kalimantan dan daerah Sumatera. Sangat jarang orang yang mengonteskan burung cucakrawa yang dijual di pasaran karena alasan burung cucakrawa yang dijual di pasaran bukanlah burung yang berasal dari Lampung. Walaupun sama-sama burung cucakrawa, namun perbedaan kualitas suaranya sangat jelas.

Walaupun cucakrawa yang berasal dari Lampung memiliki suara yang khas, bukan berarti cucakrawa yang berasal dari daerah Kalimantan dan daerah Sumatera tidak memiliki suara yang bagus. Tetapi lebih bagus lagi cucakrawa yang berasal dari Lampung karena memiliki suara yang khas dan unik.

Advertisements

Tinggalkan Balasan