Berapa Tambah RAM Laptop

Diposting pada

Laptop merupakan salah satu barang elektronik yang cukup banyak peminatnya. Laptop sering dijuluki sebagai komputer versi kecil. Mengapa disebut demikian?

Karena laptop memiliki fungsi sama seperti komputer. Bedanya terletak pada hardwarenya. Pada umumnya, komputer menggunakan CPU, sedangkan laptop tidak menggunakan CPU.

Advertisements

Laptop sudah dirancang khusus agar dapat dibawa berpergian kemana saja. Karena itulah mesin-mesinnya dibuat seminimalis mungkin agar tidak repot ketika membawanya kemana-mana.

Di dalam Hardware laptop, kita dapat menemukan yang namanya RAM. Apa itu RAM? Untuk kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang RAM.

Berapa Tambah RAM Laptop

Berapa Tambah RAM Laptop

RAM merupakan singkatan dari Memori akses acak atau dalam bahasa Inggrisnya Random Access Memory (RAM). Dari bahasa Inggris tersebutlah nama RAM muncul.

Apakah fungi utama dari RAM? Fungsi utama dari RAM yaitu untuk membantu kinerja kerja dari laptop agar bisa menyimpan data yang ada di dalam laptop secara sementara.

Mungkin tidak banyak orang yang tau apa sebenarnya itu RAM. Hal tersebut karena kebanyakan orang lebih memilih untuk memakai dibandingkan untuk mengetahui bagaimana cara kerja dari RAM.

Sebenarnya RAM ini merupakan Memory. Namun sifat Memory nya tidak bertahan lama alias sementara. Pada saat laptop dimatikan, maka data yang telah tersimpan sementara pada RAM tidak akan kembali lagi.

Advertisements

Contoh lainnya, ketika kita sedang mengetik sesuatu di Microsoft Word, maka ketikan tersebutlah yang tersimpan pada RAM sebelum akhirnya tersimpan di dalam Hardisk. Ingatlah, data harus disimmpan ke dalam Hardisk karena sifat RAM hanya sebagai memory sementara.

UKURAN RAM DAN HARGA PENAMBAHAN RAM

Secara umum, RAM memiliki berbagai macam ukuran. Mulai dari yang besar hingga yang paling kecil. Dan setiap jenis ukurannya memiliki harga masing-masing.

Beberapa jenis ukuran RAM iantaranya 64GB, 32GB, 16GB, 4 GB, dan 2 GB. Dan masih banyak lagi RAM  yang ukurannya jauh lebih besar dari yang telah disebutkan.

Bagaimana jika laptop yang sudah kita beli memiliki RAM yang ukurannya kecil? Tentunya laptop yang memiliki RAM yang kecil tidak berfungsi dengan baik. Bagaimanakah solusinya? Solusinya adalah dengan menambah kapasitas RAM.

Bagaimanakah cara menambahkan kapasitas atau ukuran RAM? Jika ingin menambah kapasitas RAM, kita bisa mendatangi konter servis laptop. Disana kita bisa menambahkan kapasitas RAM yang ada pada laptop kita.

Berapakah harga dari penambahan RAM pada laptop? Pada umumnya, penambahan RAM pada laptop harganya berbeda-beda. Semuanya tergantung pada ukuram RAM yang akan ditambahkan. Semakin besar ukuran RAMnya maka semakin mahal pula harganya.

Harga RAM ada yang mulai dari ratusan dan ada pula yang sampai puluhan juta rupiah. Semuanya tergantung pada ukuran RAMnya.

Berikut ini daftar harga dari RAM laptop yang disa dijadikan sebagai penambahan pada RAM

  1. SODIMM DDR3 Laptop dibanderol dengan harga Rp 70.000
  2. Stronitium DDR3 4GB dibanderol dengan harga RP 500.000
  3. Strontium DDR3L 8 GB 1133MHz Memory Module RAM SODIMM dibanderol dengan harga Rp 900.000

ITulah daftar harga dari RAM .

Advertisements
Gambar Gravatar
Android User (Xiaomi Redmi 4A) . Blogger . Love semua tentang teknologi. Terutama gadget.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *