Berapa Harga Bearing Motor

Diposting pada

Harga Bearing Motor – Apa yang terlintas di benak Anda jika mendengar kata Bearing? Apa sebenarnya bearing itu? Bearing merupakan sebuah elemen mesin yang berfungsi untuk membatasi gerak relatif antara dua komponen atau lebih agar selalu bergerak sesuai dengan arah yang dinginkan.

Oleh sebagian orang, bearing juga kerap disebut dengan laher. Istilah bearing sangat sering digunakan, akan tetapi tidak banyak yang tahu bearing itu apa dan apa fungsi dari bearing itu sebenarnya.

Advertisements

Perlu Anda ketahui bahwa bearing itu bentuknya bulat serta dilengkapi dengan beberapa komponen yang akan memperkuat komposisi dari bearing tersebut.

Membahas mengenai bearing, benda kecil tetapi sangat berguna ini terdiri atas beberapa jenis. Salah satunya yaitu bearing sepeda motor.

Seperti yang telah kita ketahui semuanya bahwa sepeda motor memiliki ban pada bagian depan dan belakangnya. Dan pada ban tersebutlah kita dapat menemukan bearing.

Berapa Harga Bearing Motor

Apa fungsi bearing pada sepeda motor? Bearing pada sepeda motor berfungsi untuk menjaga agar poros ban tidak langsung berkenaan dari roda yang dimaksud.

Jika tidak ada bearing, maka secara langsung poros ban akan berkenaan langsung dengan roda. Akibatnya, roda tidak dapat berputar secara stabil.

Selain itu, bearing pada sepeda motor juga berfungsi untuk meringankan putaran sepeda motor itu  sendirinya. Ingatlah, putaran yang ringan dapat membuat penggunaan  bensin tidak berlebihan seperti pada umumnya.

Advertisements

Apa yang akan terjadi jika bearing pada sepeda motor tidak dipasang? Akan terjadi beberapa hal buruk jika Anda memilih untuk memasang  bearing pada sepeda motor Anda. Salah satunya yaitu tarikan mesin akan terasa berat sehingga kita sulit untuk melaju sesuai dengan keinginan Anda.

Akan tetapi, kadangkala bearing roda pada sepeda motor cepat mengalami kerusakan. Pasti ada penyebab dibalik rusaknya bearing pada sepeda motor.

Ada beberapa hal yang menyebabkan bearing pada sepeda motor cepat rusak. Yang pertama yaitu dikarenakan kondisi jalan yang tidak mulus alias terdapat gelombang ataupun lubang.

Jangan salah, jalan yang berlubang dapat menjadi pemicu bearing sepeda motor menjadi lebih cepat rusak dibandingkan dengan ummur yang telah ditentukan sebelumnya.

Jalan yang berlubang akan bertambah parah apabila karet pada bearing sepeda motor sudah terlepas sehingga debu dan air dapat masuk dengan cepat pada sepeda motor.

Setelah kita membahas tentang bearing sepeda motor, dapat disimpulkan bahwa bearing itu sangat dibutuhkan di dalam roda sepeda motor.

Bahkan tidak hanya pada roda sepeda motor saja yang membutuhkan bearing, tetapi ada juga peralatan lainnya yang membutuhkan bearing agar peralatan tersebut dapat berguna dengan efektif.

Oleh karena itu, usahakan jika bearing roda sepeda motor Anda sudah mulai rusak sebaiknya langsung diperbaiki agar roda dapat berputar dengan stabil.

HARGA BEARING RODA SEPEDA MOTOR

Harga bearing roda sepeda motor itu berbeda-beda karena disesuaikan dengan merek dan kualitas. Untuk bearing merek Yamaha per buah yaitu sekitar Rp 30.000.

Sedangkan untuk bearing merek Honda perbuahnya dijual sekitar Rp 30.000. Untuk bearing termurah yaitu NTN dengan harga Rp 20.000 per buahnya.

Advertisements
Gambar Gravatar
Android User (Xiaomi Redmi 4A) . Blogger . Love semua tentang teknologi. Terutama gadget.

Tinggalkan Balasan