Rekomendasi Alat Bantu Kamera HP yang Tidak Boleh Absen

Diposting pada

Kebutuhan akan foto memang kian meningkat. Tak hanya menggunakan kamera, smartphone pun juga tak mau kalah dengan kamera DSLR maupun mirorless. Para pengembang smartphone terus mengembangkan kualitas gambar dari kamera HP buatan mereka.

Untuk menghasilkan foto maupun video yang lebih bagus melalui HP Anda, kali ini MbahTekno.com akan merekomendasikan beberapa produk alat bantu kamera HP agar Anda bisa menghasilkan foto maupun video lebih baik lagi.

Advertisements

Disini, saya memilihkan rekomendasi yang harganya terjangkau, namun kualitasnya maksimal.

Alat Bantu Kamera HP

Dibawah ini merupakan alat-alat tambahan yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan foto atau video yang Anda ambil menggunakan kamera HP Anda.

  • Tripod

Alat Bantu Kamera HP
via Ikinkoo

Tripod merupakan alat bantu untuk berupa stan agar kamera bisa berdiri tegak dan tegar. Dalam dunia fotografi, tripod ini sangat berperan penting. Fungsinya antara lain untuk menghasilkan foto atau video yang lebih stabil.

Untuk Anda yang suka membuat video menggunakan HP, tripod ini sangat cocok untuk Anda. Faktanya, tak semua HP dilengkapi dengan OIS maupun EIS (peredam gerakan saat pengambilan gambar) . Jadi harus Anda miliki.

Tripod tidak harus mahal, yang terpenting bisa bekerja dengan maksimal. Disini MbahTekno.com merekomendasikan tripod Takara ECO-173A

 (klik untuk pembelian) dengan harga seratus ribuan. Tripod ini bisa berfungsi untuk kamera maupun smartphone (+ holder U).

  • Lensa

Alat Bantu Kamera HP
Sony ILCE-QX1 via Ebay

Fungsi utama lensa ini adalah menangkap cahaya, yang kemudian bisa menghasilkan gambar dengan baik. Lensa menjadi alat bantu kamera HP yang sangat berperan penting.

Berdasarkan situs ebay, lensa tambahan terbaik untuk HP adalah Sony ILCE-QX1. Lensa tersebut beresolusi 20 MP dan dibanderol dengan harga 3 sampai 6 jutaan.

Advertisements

Tapi disini MbahTekno.com tak akan merekomendasikan ini, tapi kami ambil yang terjangkau, yakni G-smart 8x Zoom Telezoom (klik untuk pembelian). Lensa ini berfungsi untuk mengambil foto macro dan bisa menghasilkan detail gambar yang lebih baik.

Selain lensa tersebut, ada juga yang namanya lensa wide, lensa fish eye, dan lain-lain.

  • Flash Eksternal

Pencahayaan sangat berperan penting dalam sesi pemotretan maupun shooting. Terkadang, lampu flash yang ada di smartphone kita kurang maksimal. Hal ini membuat kita harus menambahkan flash eksternal.

Baca juga: Cara Upload Banyak Foto Sekaligus di Instagram

Saya pribadi tidak pernah membeli flash eksternal, saya menggunakan lampu simpan saya yang saya gunakan ketika pemadaman listrik. Jadi bisa lebih hemat budget, hehe.

  • Mic Eksternal

Mic Eksternal - Alat Bantu Kamera HP
Rode Videomic via Aliexpress

Yang ini khusus untuk video creator sob. Audio dalam sebuah video sangat berperan penting. Menurut para video creator yang sudah ahli, video bagus namun audionya jelek sama saja bohong.

Lebih baik audio jelas walaupun kualitas videonya standar. Lebih baik lagi keduanya bagus, hehe.

Rekomendasi MbahTekno.com adalah Boya  BY-M1 (klik untuk pembelian). Produk yang saya rekomendasikan ini diharga menegah kebawah ya sob.

Kalau mau yang mahal, sobat bisa lihat-lihat mic dari Rode. Tapi harganya… hehe.

4 barang diatas menurut saya adalah alat bantu kamera HP yang sangat dasar dan sangat dibutuhkan untuk pencinta photography maupun videography melalui smartphone.

Belilah barang yang sekiranya bakal berguna bagi Anda. Jika tidak, maka sebaiknya tidak perlu dibeli. Karena nanti barang itu nanti tidak terpakai sob.

Terima kasih.

Advertisements
Gambar Gravatar
Android User (Xiaomi Redmi 4A) . Blogger . Love semua tentang teknologi. Terutama gadget.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *