Hama Dan Penyakit Pada Belimbing

Diposting pada

Jika mendengar hama dan penyakit mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan para petani. Sebab, hama dan penyakit merupakan penyebab utama kegagalan panen terjadi atau hal lainnya yang terjadi yang mengakibatkan kerusakan pada tanaman.

Hama dan penyakit yang menyerang tanaman ada yang menyebabkan tanaman menjadi mati atau bahkan ada yang menyebabkan tanaman mengalami rusak berat maupun rusak ringan. Apa pun yang terjadi semuanya tergantung pada jenis hama dan penyakit apa yang menyerang tanaman tersebut.

Advertisements

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa hama dan penyakit sudah tidak asing lagi di kalangan para petani. Termasuk petani tanaman belimbing. Petani belimbing sering kali tanamannya terkena serangan hama dan penyakit. Terlebih lagi belimbing merupakan tanaman yang tidak kuat ketika diserang hama dan penyakit atau lebih tepatnya lagi memiliki daya tahan yang rendah sehingga mudah diserang hama maupun penyakit.

Hama dan penyakit yang menyerang tanaman belimbing terbagi atas beberapa jenis. Apa sajakah itu? Dan berikut ini akan dijelaskan beberap jenis hama maupun beberapa jenis penyakit yang sering menyerang tanaman belimbing.

HAMA

Hama merupakan hewan yang bentuknya sangat kecil dan sering kali menyerang tanaman termasuk tanaman belimbing. Dan beberapa jenis hama yang sering menyerang tanaman belimbing diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Hama Kutu Daun

Sesuai dengan namanya, hama kutu daun ini kerap kali menyerang bagian daun tanaman belimbing. Bahkan dibeberapa kasus hama ini juga terlihat menyerang tanaman lainnya. Hama ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan teganggunya proses fotosintesis. Terganggunya proses fotosintesis dapat menyebabkan tanaman tidak mendapatkan makanan yang cukup.

Advertisements

Jika dibiarkan begitu saja, lama kelamaan tanaman akan layu karena tidak mendapatkan makanan yang cukup. Dan akhirnya tanaman akan mati jika memang tidak ada yang ingin mengendalikan hama ini.

Pengendalian hama kutu daun ini dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan insektisida untuk membasmi hama kutu daun sesuai dengan dosis yang telah ditentukan.

  • Hama Lalat Buah

Hama lalat buah ini menyerang bagian buah tanaman belimbing. Buah yang terserang hama ini warnanya akan berubah menjadi cokelat kekuningan. Mula-mula, induk lalat buah ini bertelur di kulit buah lalu berkembang biak dan akhirnya menjadi lalat buah lalu masukkan ke dalam buah dan menggergoti buah belimbing tersebut.

Akibatnya buah akan tampak berlubang-lubang. Mungkin kebanyakan orang mendapatkan buah belimbing yang berlubang. Hal tersebut karena penyerangan hama lalat buah.

PENYAKIT

Penyakit merupakan hal yang sering terjadi pada tanaman belimbing. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri, jamur, dan masih banyak lagi penyebab dari penyakit.

Dan berikut ini beberapa jenis penyakit yang sering menyerang tanaman belimbing.

  • Penyakit Kapang Jelaga

Penyakit ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh kutu putih. Gejala yang akan ditimbulkan dari penyakit kapang jelaga adalah permukaan daun tanaman akan terliaht berwarna hitam. Hal tersebut dapat menyebabkan proses fotosintesis menjadi terganggu.

Untuk mengendalikan penyakit kapang jelaga dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan fungisida yang mangkus sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan.

Advertisements

Tinggalkan Balasan