19 Tips Memilih Smartphone Android yang Bagus

Diposting pada

Memilih smartphone Android merupakan hal yang sepele, namun jika tidak dilakakukan pemilihan yang tepat hal ini akan membuat seorang kecewa.

Pasalnya, kebanyakan calon pembeli smartphone terutama Android hanya terpaku pada desain, dan kamera pada smartphone yang akan dibeli. Ujung-ujungnya, mereka menyesal dikemudian hari.

Advertisements

Seperti memilih jodoh, kita harus benar-benar selektif dalam memilih smartphone yang akan kita beli.

Berikut adalah 19 tips untuk memilih smartphone Android yang bagus dan berkualitas agar tidak kecewa.

Tips Memilih Smartphone Android

  1. Bujet dan Harga

Sekarang ini banyak sekali smartphone Android dengan banyak varian harga yang menggoda. Disini kamu harus bijak dalam menggunakan uang kamu, pilihlah batasan maksimal harga smartphone yang akan kamu beli. Contohnya, kamu mempersiapkan bujet 2 juta rupiah.

  1. Murah berkualitas

Setelah kamu mempersiapkan bajet sebaiknya kamu memilih smartphone android murah dan berkualitas. Pilihlah smartphone dengan harga yang masuk akal. Jangan percaya dengan penjualan smartphone yang aslinya memiliki harga tinggi, namun dijual dengan harga tidak masuk akal.

Kalau kamu memilih smartphone tersebut, pastikan penjualnya adalah orang yang trusted atau terpercaya.

Ada beberapa tipe smartphone yang dijual dipasaran:

  • Murah berkualitas
  • Mahal berkualitas
  • Mahal tidak berkualitas
  • Murah tidak berkualitas

MbahTekno sendiri lebih memilih smartphone dengan harga yang murah namun berkualitas. Walaupun dalam lubuk hati mau memilih yang mahal dan berkualitas, tetapi kantong berkata lain sob.

  1. Merk

Dalam menentukan merk smartphone pasti kamu bertanya-tanya, merk apa yang bagus, merk apa yang berkualitas dan sebagainya.

Merk smartphone yang bagus menurut MbahTekno adalah

  • Service center merata. Hal ini akan memudahkan kita untuk melakukan klaim garansi atau memperbaiki smartphone kita jika rusak.
  • Memasang harga sesuai kualitasnya. Maksudnya adalah merk tersebut memberikan harga yang pantas untuk smarphone yang dijualnya. Tidak mungkinkan menjual dengan harga tinggi namun kualitasnya tidak sesuai.
  • Smartphone yang populer, pasti terjadi karena smartphone tersebut bagus sehingga menjadi populer. Hal ini juga memudahkan penggunanya untuk bertanya mengenai cara penggunaan smartphone tersebut.
  1. Ukuran dan Tampilan Layar

Untuk saat ini, ada 6 ukuran layar yang banyak digunakan masyarakat di Indonesia maupun di seluruh dunia.

  • qHD

qHD memiliki ukuran 960 x 540 piksel dengan rasio layar 16:9 (memanjang). Ukuran layar ini merupakan yang terkecil untuk saat ini. Perlu diingat, “q” pada “qHD” memiliki arti quarter (seperempat) dari resolusi Full HD.

  • HD

Ukuran HD ini lebih tinggi dari qHD. HD yang mempunyai kepanjangan High Definition ini memiliki resolusi yang terkenal dengan 720p. Ukuran lebih jelasnya adalah 1280 x 720 piksel.

  • WXGA

Diatas kertas, ukuran WXGA ini sedikit diatas ukuran HD. Namun banyak yang menyebutnya setara dengan ukuran HD. Ukuran dari layar ini adalah 1366 x 768 piksel. Penaman WXGA juga sama pada layar berukuran 1280 x 800 piksel.

  • FHD

FHD atau yang  sering sebut Full HD adalah layar dengan ukuran 1920 x 1080 piksel (1080p). Kebanyakan ukuran layar ini dipakai pada layar 5 – 6 inci.

  • QHD

QHD atau Quad HD yang berarti 4 kali ukuran HD, yaitu 2560 x 1440 piksel. Ukuran ini  sekarang banyak digunakan pada smartphone-smartphone flasgship. Resolusi ini juga disebut dengan resolusi 2k atau WQHD (Wide Quad HD).

  • UHD
Tips Memilih Smartphone Android
Image: PocketNow

UDH atau Ultra HD adalah resolusi layar terbaik saat ini. Ukurannya 3840 x 2160 piksel. Ukuran ini sering disebut dengan resolusi 4k dan sangat jernih sekali.

  1. Memori / Penyimpanan

Memori sangat berperan penting dalam sebuah smartphone. Memori berfungsi untuk menyimpan data-data kita seperti foto, vidio, maupun file-file lain.

Umumnya memori yang digunakan saat ini 500 MB, 1 GB, 2 GB, 8 GB, 16 GB, 32 GB, 64 GB, bahkan 128 GB.

Jika anda memilih smartphone Android dengan memori internal dibawah 8 GB, pastikan smartphone tersebut mendukung memori eksternal

  1. Kamera

Tips Memilih Smartphone Android
Ilustrasi

Kamu penggila selfie? Hal ini adalah hal yang bisa kamu pertimbankan kembali. Pilihlah smartphone kamu dengan kamera yang sekiranya cukup untuk kamu gunakan untuk aktivitas memotret kamu.

Perhatikan fitur-fitur pada kameranya juga. Jika kamu memang gemar dalam hal photography, kamu bisa memilih kamera yang didalamnya terdapat fitur manual, karena ini akan membantu kamu untuk menghasilkan hasil gambar yang maksimal.

Kamera yang bagus tidak hanya bisa kamu temukan pada smartphone mahal saja, sekarang sudah banyak sekali smartphone yang terjangkau namun memiliki kamera yang lumayan bagus.

Advertisements
  1. LED Flash

LED Flash sangat perlu dipertimbangkan ketika memilih smartphone. Fungsi utamanya adalah untuk membantu pencahayaan ketika kamu memotret ditemoat yang kurang cahaya.

Bagi saya, peran LED Flash pada sebuah ponsel sangat membantu saya terutama ketika terjadi pemadaman listrik. Ini sangat membantu saya dalam keadaan darurat.

  1. Prosesor

Prosesor dalam sebuah smartphone berfungsi untuk menjalankan seluruh fitur yang ada didalam smartphone. Contohnya untuk menjalankan OS (Operating System), aplikasi, game, dan sebagainya.

  1. RAM

RAM atau Random Access Memory pada smartphone berfungsi untuk menyimpan data sementara. Data yang disimpan bisa berupa cache, dan sebagainya.

RAM hampir sama seperti memori, yang membedakannya RAM bersifat sementara sedangkan memori bersifat permanen.

  1. GPU

Menurut informasi yang dipaparkan oleh Techinasia, secara gampang GPU atau Graphic Prossessing Unit adalah CPU tambahan (kadang disebut co-CPU) yang bertugas untuk melakukan pekerjaan yang membutuhkan banyak perhitungan dalam satu waktu, salah satunya adalah pengolahan grafis seperti gambar, video, dan sebagainya.

  1. Konektivitas

Untuk saat ini, konektivitas yang digunakan di Indonesia adalaah LTE (4G), HSDPA, 3G, EDGE (2G), dan GPRS.

Hal ini perlu kamu perhatikan ketika membeli smartphone. Pengalaman pahit pernah saya alami dulu ketika membelikan sebuah tab untuk ponakan saya. Secara menyeluruh sudah saya cek dan memuaskan, namun ada satu yang ketinggalan yaitu jaringannya yang ternyata masih EDGE.

  1. Baterai

Baterai merupakan komponan smartphone yang harus kamu perhatikan, pilihlah baterai smartphone yang imbang antara fitur smartphone dan baterainya.

Contohnya jika kamu membeli smartphone yang menggunakan layar dengan resolusi tinggi, secara otomatis layar tersebut lebih boros dalam konsumsi baterai.

  1. Fitur Fast Charging

Kamu memutuskan untuk memilih smartphone dengan baterai besar? Jangan lupa juga untuk memilih smartphone yang mempunyai fitur fast charging atau pengisian cepat.

Sekarang sudah banyak sekali smartphone low-end dengan fitur ini.

  1. OS (Operating System)

MbahTekno sangat merekomendasikan smartphone dengan OS yang tidak kuno. Contohnya untuk sekarang kamu membeli smartphone dengan OS Android 1.5 CupCake. Tidak mungkin kan?

Untuk saat sekarang ini, saya sangat merekomendasikan smartphone dengan OS minimal Android 4.4 Kitkat atau diatasnya (Lollipop, Masrhmallow, Nougat).

  1. Bukan Replika

Pastikan produk yang kamu beli adalah produk asli, bukan replika, bukan KW, Super Copy, King Copy atau Copy yang lainnya.

Ciri-ciri produk tidak asli biasanya dijual dengan harga yang tidak masuk akal. Contohnya smartphone A yang harga aslinya 3 juta rupiah, dijual dengan harga 1 juta rupiah saja.

  1. Sesuai Kebutuhan

Pilihlah smartphone sesuai dengan kebutuhan kamu. Jika kamu adalah seorang gamer, setidaknya kamu membeli smartphone dengan spesifikasi yang lumrah untuk gamer.

Lagi, jika kamu adalah seorang yang tertarik dengan dunia photography setidaknya kamu memilih smartphone dengan kualitas kamera yang baik. Tidak mungkin kan kamu seorang gamer membeli smartphone Selfie Expert untuk bermain game?

Saya seorang yang hanya menggunakan smartphone untuk social media saja, apa yang pas untuk saya?

MbahTekno menyarankan kamu untuk memilih smartphone yang spesifikasinya tidak mubazir dan mempunyai kamera yang cukup untuk sehari-hari.

  1. Jika Ada, Lihat Testimoni Pembeli

Jika kamu membeli smartphone secara online, maka setidaknya terdapat ulasan dari para pembeli. Kamu bisa membaca testimoni pengguna untuk mempertimbangkan kembali smartphone android pilihan kamu.

  1. Periksa Kondisi Dan Perlengkapan

Pastikan kelengkapan smartphone, seperti charger, earphone, sim card ejector, dan sebagainya jika anda membeli smartphone second. Namun jika kamu membeli smartphone baru, untuk saat ini kebanyakan hanya terdapat kabel USB, kepala charger, dan smartphone-nya.

  1. Pilihan Anda

Terakhir adalah pilihan anda.

Pilihlah smartphone yang kamu kehendaki. Percuma juga kan smartphone yang kamu beli itu bukan pilihan anda? Ibarat jodoh, jangan salah dalam memilih smartphone kamu, kaputusan ada di tangan kamu.

Contohnya, jika kamu sudah lama mengidam-idamkan smartphone merk I, namun yang kamu dapatkan hanya smartphone merek S. Pasti dalam pemakaiannya berasa kurang sreg dan ingin cepat-cepat berganti smartphone.

Kesimpulan

Ketika kamu membeli atau memilih smartphone, ingat ujuan utama kamu kenapa membeli smartphone tersebut. Perhatikan hal-hal penting yang harus ada pada smartphone yang kamu pilih.

Jika bujet yang kamu miliki terbatas, sebaiknya kamu memilih smartphone Android yang murah, bagus, dan berkualitas.

Menurut saya, merk bukan menjadi alasan bahwa smartphone itu bagus, kualitaslah yang menentukan.

Advertisements
Gambar Gravatar
Android User (Xiaomi Redmi 4A) . Blogger . Love semua tentang teknologi. Terutama gadget.

One thought on “19 Tips Memilih Smartphone Android yang Bagus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *